Kolesterol Tinggi pada Remaja, Kok Bisa? Kenali Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya!

 Kolesterol Tinggi pada Remaja, Kok Bisa? Kenali Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya!

BEGINI.ID - Pada umumnya, kolesterol merupakan lemak yang menumpuk dalam tubuh. Kolesterol dalam kadar yang tinggi bisa menjadi masalah untuk kesehatan tubuh. Adapun kolesterol tinggi bisa terjadi oleh siapa saja, tidak terkecuali remaja. Penyebabnya pun beragam, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak tepat. Ciri-ciri kolesterol tinggi pada remaja, diantaranya mudah merasa lelah serta nyeri di bagian dada dan tengkuk. Tentunya, kondisi ini tidak bisa dibiarkan karena akan menggangu kestabilan tubuh. Berikut ini adalah cara mengatasi kolesterol tinggi pada remaja.

Kurangi Junk Food

Makanan kolesterol tinggi
Makanan kolesterol tinggi/ sumber: freepik.com/ jcomp

Junk food atau makanan cepat saji adalah salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi. hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada makanan cepat saji terdapat lemak jenuh yang bisa memicu kegemukan hingga kolesterol. Makanan cepat saji yang biasa dijumpai adalah burger, fried chicken, nugget, dan masih banyak lagi. Mengonsumsi makanan tersebut boleh saja, hanya saja perlu diperhatikan jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Perhatikan Cara Memasak

Cara mengurangi kolesterol tinggi
Cara mengurangi kolesterol tinggi/ sumber: freepik.com/ freepik

Cara memasak juga dapat memengaruhi kadar kolesterol, lho. Biasanya, memasak dengan cara menggoreng dan menggunakan minyak goreng dalam jumlah banyak, bisa memicu kolesterol tinggi. Makan makanan yang digoreng secara berlebihan mampu memicu penumpukan lemak jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya memasak dengan cara direbus, dikukus dan dipanggang bisa menjadi alternatif cara memasak yang lebih sehat.


Rajin Berolahraga

Mencegah kolesterol tinggi
Mencegah kolesterol tinggi/ sumber: freepik.com/ our-team

Memiliki gaya hidup sehat tentu dapat membuat tubuh menjadi bugar dan mencegah berbagai penyakit, salah satunya yaitu berolahraga. Berolahraga secara rutin akan membantu mencegah kolesterol tinggi. Sebab, dengan melakukan olahraga dapat membantu membakar kalori atau lemak jenuh yang menumpuk dalam tubuh dan menjadikannya sebagai energi. Kemudian, salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi adalah badan yang mudah merasa lelah. Oleh karena itu, melakukan olahraga bisa menjadi solusi agar ketahanan dan kebugaran tubuh membaik. Yuk, mulai sekarang harus rajin olahraga!

Konsumsi Gizi Seimbang

Makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi
Makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi/ sumber: pexels.com/ Valeria Boltneva

Mengonsumsi gizi seimbang menjadi hal terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada dasarnya, kolesterol tinggi diakibatkan karena asupan yang masuk kedalam tubuh tidak seimbang. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi atau lemak jenuh tanpa didampingi nutrisi baik lainnya. Oleh karena itu, untuk mengatasi kolesterol tinggi bisa dimulai dengan mengatur asupan gizi yang seimbang.

Beauties, itulah cara mengatasi kolesterol tinggi pada remaja. Jangan lupa untuk selalu menjaga asupan makanan yang baik untuk tubuh, karena ‘sehat itu mahal’. Maka, kesehatan harus dijaga sebaik mungkin agar terhindar dari berbagai penyakit.

Lebih baru Lebih lama