Hal-hal yang Perlu Dilakukan saat Kamu Lagi Merasa Tidak Berharga

 Hal-hal yang Perlu Dilakukan saat Kamu Lagi Merasa Tidak Berharga

BEGINI.ID - Merasa tidak berharga atau worthless, sering kali melibatkan perasaan putus asa. Perasaan yang demikian juga sering menjadi gejala umum dari depresi, tetapi juga bisa muncul karena perasaan harga diri yang rendah, merasa diabaikan, dilecehkan, trauma atau adanya situasi sulit yang terasa mengancam.

Dikutip dari Very Well Mind, merasa tidak berharga dapat menciptakan tekanan yang signifikan dan membuat seseorang sulit untuk berfungsi secara normal dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih dari itu, akan muncul perasaan sulit termotivasi untuk mengejar tujuan.

Oleh sebab itu, penting untuk menemukan cara mengelola perasaan tidak berharga ini, Beauties. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu dilakukan saat kamu merasa tidak berharga. Simak, yuk.

Mengapa Merasa Tidak Berharga?

Mengatasi perasaan tidak berharga/ Foto: Pexel.com/LizaSummer
Mengatasi perasaan tidak berharga/ Foto: Pexel.com/LizaSummer

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai hal-hal apa saja yang perlu dilakukan saat merasa tidak berharga, maka sebaiknya dipahami terlebih dahulu apa yang membuat rasa tidak berharga itu datang.

Dikutip dari Very Well Mind, perasaan tidak berharga dapat disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda seperti pengasuhan, pengalaman sosial, peristiwa yang membuat stres, kondisi kesehatan mental atau bahkan trauma masa kecil.

Mengingat bahwa perasaan tidak berharga ini lebih condong kepada makna negatif, maka perlu dilakukan hal-hal untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

Bicaralah dengan Baik pada Diri Sendiri

Bicara positif pada diri sendiri saat merasa tidak berharga/ Foto: Pexel.com/ AdreaPiacquadio
Bicara positif pada diri sendiri saat merasa tidak berharga/ Foto: Pexel.com/ AdreaPiacquadio

Hal pertama yang disarankan untuk dilakukan saat kamu merasa tidak berharga adalah bicara dengan baik pada diri sendiri. Orang yang merasa tidak berharga sering kali terlibat dalam pemikiran negatif dan negatif self talk. Oleh sebab itu, pikiran negatif dan negatif self talk seharusnya dihilangkan.

Hal ini pada awalnya akan terasa menantang tetapi akan membantu dirimu menjadi lebih baik.

Ketika datang pikiran negatif, segera cari cara untuk membingkai ulang pikiran-pikiran itu dengan cara positif dan realistis. Alih-alih berpikir ‘saya tidak akan pernah bisa melakukannya’ ubah menjadi ‘saya bisa melakukan hal-hal kecil setiap hari untuk meningkatkan kualitas diri’.


Buat Jurnal Rasa Syukur

Membuat jurnal rasa syukur saat merasa tidak berharga/ Foto: Pexel.com/CarolinaGrabowska
Membuat jurnal rasa syukur saat merasa tidak berharga/ Foto: Pexel.com/CarolinaGrabowska

Selanjutnya, kamu bisa membuat jurnal rasa syukur untuk mengatasi perasaan tidak berharga. Biasanya, rasa syukur bisa terlupakan saat kamu mulai membandingkan diri dengan orang lain. Kamu akan merasa tidak berdaya dan lebih fokus terhadap kehidupan orang lain dibanding kehidupan kamu sendiri.

Daripada melakukan hal itu, lebih baik kamu fokus kepada dirimu sendiri, Beauties.

Cobalah mencatat setiap hal yang bisa kamu syukuri setiap harinya. Bisa menggunakan buku ataupun mencatatnya di note ponsel kamu. Hal ini bisa membantu memfokuskan kembali pikiran kamu dan membantu menghindarkan efek negatif membandingkan diri dan kecemburuan.

Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Mengikuti kegiatan sosial saat merasa tidak berharga/ Foto:Pexel.com/KampusProduction/
Mengikuti kegiatan sosial saat merasa tidak berharga/ Foto:Pexel.com/KampusProduction/

Hidup sebagai makhluk sosial sejatinya bisa menjadi dasar yang baik untuk melakukan banyak hal-hal positif. Ya, salah satu caranya adalah dengan melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain.

Dikutip dari Very Well Mind, penelitian menunjukkan bahwa terlibat dalam kegiatan prososial seperti menjadi sukarelawan untuk komunitas atau membantu orang lain dapat menghasilkan efek positif pada kebahagiaan dan kesejahteraan.

Membantu orang lain juga dapat membantu kamu merasakan tujuan yang lebih baik.

Lebih baru Lebih lama