Dear Kamu yang Berusia 20-an, Ini Lho Cara Atur Keuangan Supaya Saat Tua Nanti Tidak Menyesal

 Dear Kamu yang Berusia 20-an, Ini Lho Cara Atur Keuangan Supaya Saat Tua Nanti Tidak Menyesal

BEGINI.ID - Usia 20-an menjadi usia di mana kamu sedang senang-senangnya menerima gaji dan menghabiskannya. Di usia tersebut biasanya kamu belum memiliki tanggungan sehingga kamu cenderung tidak terlalu fokus dalam mengatur keuangan pribadi.

Padahal perlu kamu tahu, Beauties. Semakin dini kamu memulai mengatur keuangan, maka semakin mudah pula kamu mencapai financial freedom di waktu mendatang.

Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan di usia 20-an? Berikut penjelasannya.

1. Jangan Terlalu Boros

Jangan boros
Jangan boros/ Foto: freepik.com

Meski kamu belum punya tanggungan untuk membeli popok bayi atau susu, bukan berarti kamu bisa menghabiskan uang gaji dengan seenaknya. Mentang-mentang baru saja gajian, lalu kamu habiskan untung membeli minuman kekinian atau nongkrong di kafe hampir setiap minggu.

Self reward dalam bentuk membeli sesuatu memang boleh, namun jangan terlalu sering ya, Beauties. Percayalah, menjadi boros di usia muda, bisa menjadi kebiasaan yang akan membuat keuanganmu berpotensi kacau di masa mendatang!

2. Budgeting dan Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran
Mencatat pengeluaran/ Foto: freepik.com

Segala hal umumnya akan lebih teratur dan terkontrol apabila ada rancangan, termasuk dalam hal pengeluaran uang. Untuk itu kamu perlu melakukan budgeting dan selalu mencatat pengeluaran sekecil apapun.

Mengutip myMoneyCoach, budgeting alias membuat anggaran membantu menyeimbangkan pengeluaran dengan pendapatan. Jika anggaran tidak seimbang dan kamu menghabiskan lebih dari yang kamu hasilkan, maka kamu akan mendapat masalah.

Meski masih berusia muda, kamu perlu membuat anggaran pengeluaran agar gaji yang kamu peroleh tidak habis tanpa tahu hilang ke mana. Belajar budgeting mulai dari sekarang, juga sangat membantu melatih kontrol keuangan dan berguna hingga kamu dewasa dan berkeluarga nanti.


3. Sebisa Mungkin Hindari Utang dan Cicilan

Hindari hutang
Hindari hutang dan cicilan/ Foto: freepik.com

Percayalah Beauties, memiliki utang dan cicilan bisa membuat hidupmu kurang tenang, tidak peduli apakah kamu masih muda atau sudah dewasa. Utang biasanya diawali dengan nominal kecil, apalagi kalau ini untuk utang konsumtif semata.

Terlebih, saat ini juga banyak promo dan fitur-fitur pendukung untuk itu, seperti cicilan kartu kredit dan fitur paylater di aplikasi belanja. Membuat kita jadi lebih praktis dan mudah mendapat barang yang diinginkan, padahal waktu gajian masih lama.

Sebenarnya tak mengapa jika sesekali kamu menggunakannya, namun pastikan masih dalam batas wajar ya! Serta pastikan lancar dalam membayar tagihannya. Ingat, limit yang ada di kartu kredit bukanlah uangmu, melainkan hanya dipinjamkan. 


4. Mulai Menabung

Mulai menabung
Mulai menabung/ Foto: freepik.com

Menabung sedini mungkin sangat bermanfaat di kemudian hari. Bahkan Heritage Bank, yang merupakan salah satu lembaga keuangan terbesar di Australia mengatakan bahwa kebiasaan menabung sejak dini menjadi salah satu upaya untuk mengadopsi kebiasaan belanja yang baik, dan membantu mengatur diri sendiri agar bisa mencapai apa yang diinginkan. Tujuan financial freedom di usia 40-an misalnya.

Kamu bisa mulai belajar menabung dengan menyisihkan 10% dari gaji. Semakin berjalannya waktu kamu bisa menaikkan presentasi gaji yang kamu dapat untuk ditabung.

Kamu juga bisa mulai mempersiapkan dana darurat agar sewaktu-waktu kalau kamu berhenti dari pekerjaan karena satu dan lain hal, kamu tidak akan kesulitan memenuhi kebutuhan sembari mencari pekerjaan pengganti.

5. Mulai Investasi

Mulai investasi
Mulai investasi/ Foto: freepik.com

Investasi bukan lagi hal yang baru bagi kamu yang masih berusia 20-an. Meski belum bisa mengalokasikan banyak dana untuk diwujudkan dalam bentuk investasi, kamu bisa belajar terlebih dahulu jenis investasi yang mungkin ingin kamu ikuti.

Jika sudah paham mengenai investasi, kamu bisa mulai mengalokasikan sebagian tabungan ke dalam investasi. Tidak perlu investasi yang besar, kamu bisa berinvestasi di reksadana atau logam mulia yang tergolong affordable.

Dengan investasi, kamu bisa mengamankan aset dari inflasi yang mungkin bisa menggerus jika asetmu hanya berbentuk tabungan.

Nah, tunggu apalagi, Beauties? Jangan sia-siakan masa mudamu hanya untuk menghabiskan uang. Kamu perlu mengelola uang dengan baik agar masa depanmu tidak terlalu sulit.

Lebih baru Lebih lama