Awas, Ini Ciri-ciri Tubuh Sudah Kebanyakan Gula! Salah Satunya Bikin Kulit Terlihat Tua

 Awas, Ini Ciri-ciri Tubuh Sudah Kebanyakan Gula! Salah Satunya Bikin Kulit Terlihat Tua

BEGINI.ID - Karbohidrat termasuk gula di dalamnya, merupakan sumber terbesar bagi pembentukan energi bagi tubuh. Meski memiliki manfaat, mengonsumsinya terlalu banyak dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terkena diabetes serta gangguan kesehatan lainnya.

Untuk itu, sudah seperlunya kita menjaga agar konsumsinya masih dalam wajar batasnya, Beauties.

Dilansir dari Harpers Bazaar UK, ini ciri-ciri tubuh kebanyakan gula!

1. Lapar Terus Menerus

Makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi membuat tubuh kecanduan. Gula terbukti mampu mengaktifkan dopamin yang membuat kita merasa bahagia.

Hal ini pun membuat kita menginginkan lebih banyak makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. 

2. Selalu Lelah

Glukosa merupakan bahan dasar sel tubuh untuk mengolah energi. Karena itu, penting menjaga agar gula darah tetap stabil.

Saat tubuh menerima gula, pankreas melepas insulin untuk membantu gula sampai kepada sel dan hal inilah yang membuat kita berenergi. Namun saat proses ini telah selesai, kita akan merasa lemas. Dampaknya, semakin tinggi asupan gula, makan rasa lelah pun akan semakin besar.


3. Kembung

Hati-hati jika kamu sering kembung, bisa jadi itu salah satu ciri-ciri tubuh kebanyakan gula!

Asupan gula berlebih bisa membuat perut terasa tidak nyaman karena kembung. Hal ini disebabkan karena gula berlebih sulit dicerna tubuh sehingga membuat sistem pencernaan memroduksi banyak gas yang membuat kembung.

4. Insomnia

Mengonsumsi gula pada malam hari membuat tubuh kita terlalu banyak mendapat energi, di mana waktu itu harusnya digunakan tubuh untuk beristirahat. Hal tersebut membuat kita kesulitan untuk tidur. Buat kamu yang ingin tidurnya nyenyak, coba untuk kurangi konsumsi gula menjelang waktu tidur, ya!


5. Berat Badan Bertambah

Karbohidrat, termasuk gula, merupakan bahan bakar utama untuk membuat energi. Namun jika tak digunakan gula akan tertimbun di hati, otot, dan berubah menjadi lemak.

Tak hanya dari minuman dan makanan manis, makanan berbasis tepung-tepungan juga mengandung banyak karbohidrat. Hati-hati buat kamu pecinta cake dan gorengan!

6. Kulit Terlihat Tua

Kamu merasa sudah menggunakan skincare secara maksimal namun tak banyak perubahan yang terlihat? Bisa jadi itu ciri-ciri tubuh kebanyakan gula. Asupan gula terlalu banyak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang pada elastisitas kulit.

Hal ini membuat kulitmu keriput lebih awal, kering, kusam, dan tampak tua dari seharusnya. Gula juga bisa membuat kulit mudah inflamasi dan gatal-gatal.

Lebih baru Lebih lama