5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Memicu Penuaan Dini, Ada yang Suka Ngomel Bikin Cepet Tua! Beneran?

 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Memicu Penuaan Dini, Ada yang Suka Ngomel Bikin Cepet Tua! Beneran?

BEGINI.ID - Seiring pertambahan usia mau tidak mau kulit akan mengalami perubahan. Kulit akan mulai mengendur, kehilangan kelembabannya, hingga menjadi kerutan. Tapi ternyata bukan hanya faktor usia saja yang membuat kualitas kulit kita menua, melainkan ada faktor lain.

Yap, faktor kebiasaan buruk yang sering kali kita nggak sadari memicu penuaan dini. Nah supaya kamu terhindari dari penuaan dini, simak yuk ada kebiasaan buruk apa aja yang perlu dihindari, Beauties!

1. Tidak Memperhatikan Pola Makan

Ilustrasi makanan sehat/Pexels.com/ Trang Doan
Ilustrasi makanan sehat/Pexels.com/ Trang Doan

Tahu nggak sih kalau pola makan ternyata juga berpengaruh sama kondisi kulit? Ada beberapa makanan yang bisa memicu penuaan dini yaitu  makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan karbohidrat olahan seperti  pasta atau roti. Yang mana jenis makanan tadi itu dapat merusak kolagen pada kulitmu. 

Alih-alih mengonsumsi makanan tadi, agar tetap awet muda kamu disarankan mengonsumsi sayuran dan buah setiap hari. Sayuran dan buah yang mengandung banyak mineral, protein dan vitamin akan membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat sebabkan berbagai penyakit serta penuaan.

2. Kurang tidur

Ilustrasi wanita dengan kebiasaan tidur buruk/Pexels.com/ Ivan Samkov
Ilustrasi wanita dengan kebiasaan tidur buruk/Pexels.com/ Ivan Samkov

Siapa nih yang tidurnya suka tidak teratur atau bahkan sampai kekurangan tidur? Harap berhati-hati ya! Pasalnya nih, kurang tidur juga bisa sebabkan penuaan dini loh.

Hasil penelitian menunjukkan perempuan usia 30-49 tahun dengan kualitas tidur buruk menunjukkan tanda-tanda penuaan. Kulit mereka timbul kerutan halus, pigmentasi, kulit tidak kenyal dan mulai kendur. Jadi mulai sekarang jangan begadang berlebihan ya karena selain berdampak pada kulit, kurang tidur juga berdampak pada kesehatanmu.


3. Sering Lupa Pakai Tabir Surya

Ilustrasi penggunaan tabir surya/Pexels.com/ Moose Photos
Ilustrasi penggunaan tabir surya/Pexels.com/ Moose Photos

Tabir surya adalah tahapan yang nggak boleh dilupakan atau bahkan diabaikan ya Beauties. Tabir surya akan melindungi kulitmu dari bahaya paparan sinar UV yang bisa merusak kulit.

Alhasil kulitmu akan keriput, kusam, ada flek hitam dan bahaynyaa bisa sampai kanker loh. Agar tidak kejadian, jangan lupa aplikasikan tabir surya 30 menit sebelum beraktivitas. Apalagi pada jam 11 siang hingga 15 sore. Oh iya walaupun keadaannya mendung, tabir surya harus tetap dipakai ya!

4. Mudah Marah

Ilustrasi wanita marah/Pexels.com/ Andrea Piacquadio
Ilustrasi wanita marah/Pexels.com/ Andrea Piacquadio

Pernah dengar jangan suka marah-marah nanti cepat tua? Ternyata itu bukan cuman mitos loh. Rasa marah, menyimpan dendam hingga stres bisa bikin kamu menua lebih cepat. Kenapa demikian? karena saat kamu kesal secara otomatis tubuhmu akan menegang dan hilangnya rileks.

Padahal tubuh sebenarnya harus dalam keadaan rileks agar sel-sel bisa bergenerasi secara alami dan bisa berfungsi secara optimal.  Kalau kamu mudah tersulut emosi, hal ini juga bisa mempengaruhi struktur wajahmu, rahangmu jadi kaku, bahu yang merosot, dan alis yang mengkerut. Pokoknya keliatannya jadi cepat tua deh.

5. Cemas dan Stres Berlebihan

Ilustrasi wanita stress/Pexels.com/energepic.com
Ilustrasi wanita stress/Pexels.com/energepic.com

Ini nih yang kadang suka dihindari, apalagi kalau banyak kerjaan atau tugas kuliah. Stres adalah hal yang wajar, tapi kalau nggak mau cepat tua kamu harus belajar menanggulangi hal tersebut. 

Penelitian membuktikan kalau rasa cemas berlebih bisa memicu penuaan diri. Stres dan cemas bisa memicu peningkatan hormon kortisol atau hormon stress yang bisa bikin sel-sel tubuh rusak. Oleh karenanya kalau mau nggak cepat tua kamu bisa mencoba meredakan stres dengan meditasi atau yoga. Atau kamu juga bisa curhat kepada orang yang kamu percaya.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang sering tak disadari bisa picu penuaan dini. Jadi coba hentikan kebiasaan buruk itu ya. Kamu tentu nggak mau kan tua sebelum waktunya, Beauties?

Lebih baru Lebih lama