5 Cara Olahraga Otak di Rumah Supaya Cerdas dan Nggak Lemot

 5 Cara Olahraga Otak di Rumah Supaya Cerdas dan Nggak Lemot

BEGINI.ID - Terlalu lama di rumah bisa membuat kita jadi jarang melatih kecerdasan otak, akibatnya kita bisa lemot dan sulit memahami maksud dari lawan bicara kita. Kamu pasti nggak mau kan dilabeli sebagai orang yang lola alias loading lama. Supaya kecerdasan tetap terjaga dan nggak lemot, ada beberapa cara olahraga otak yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Main Alat Musik

Bermain alat musik akan membuat diri lebih mudah berekspresi.Bermain alat musik/freepik.com

Bermain alat musik ternyata bukan cuma membuat kamu merasa bahagia dan menjauhkan dari stres. Tapi, bermain alat musik juga bisa menjadi sarana olahraga otak yang membuat pikiran jadi lebih cerdas. Bahkan, ada penelitian yang mengatakan jika alat musik bisa melatih kemampuan sensoris dan persepsi pendengaran kamu.

Bukan cuma itu, bermain musik juga meningkatkan kemampuan koordinasi fisik dan menambah daya ingat. Tidak perlu mencoba memainkan lagu yang terlalu sulit. Cobalah untuk konsisten memainkan lagu sederhana beberapa hari hingga kamu jadi lebih jago dalam memainkan alat musik tersebut.

2. Membaca Buku

RajinBaca Buku/ Foto: freepik.com

Membaca buku ternyata bisa menimbulkan serangkaian hal kompleks di dalam otak kita. Saat membaca, kita akan dituntut untuk bisa mengikuti alur cerita dengan membayangkan dan memahami isi buku tersebut. Otak kita akan bekerja lebih konstan saat melakukan proses ini.

Lalu ketika sebuah chapter selesai kita baca, kita akan mengambil kesimpulan dan melakukan analisis sederhana dari apa yang kita baca. Tentunya, hal ini melatih kemampuan kita untuk melihat problem dan solusi serta kesimpulan yang bisa ditarik.


3. Belajar Bahasa Asing

Belajar Bahasa Asing/ Sumber: Freepik.comBelajar Bahasa Asing/ Sumber: Freepik.com

Belajar bahasa asing juga bisa menjadi sarana olahraga otak yang bikin kamu lebih cerdas, lho. Kamu bisa mulai belajar bahasa dari lagu yang sering kamu dengar di rumah, lalu berkembang ke film yang sering kamu tonton selama di rumah.

Saat ini, kamu bisa belajar bahasa secara otodidak dengan lebih mudah karena sudah banyak video Youtube atau website yang memang menyediakan jasa untuk belajar bahasa asing.

4. Mengisi TTS

Teka Teki SilangTeka Teki Silang/ Foto: Freepik.com

TTS atau teka-teki silang sempat populer di jaman dulu. Nggak ada salahnya buat membeli buku TTS untuk kamu isi selama di rumah. TTS bisa membantu kamu jadi lebih cerdas karena kamu harus mengingat-ingat atau menebak jawaban dari pertanyaan yang ada.

Kamu juga dituntut untuk tidak gegabah dan buruburu dalam mengisi jawaban karena satu jawaban akan mempengaruhi pilihan pada jawaban lainnya.

5. Tidur Cukup

tidur yang cukuptidur yang cukup/ Foto: Freepik.com

Yap, tidur cukup ternyata juga bisa membuat kita jadi lebih pintar. Kalau kamu selama ini suka begadang, kurangi kebiasaan tersebut dan pastikan kamu punya waktu tidur 7-9 jam per hari. Saat tidur, tubuh kamu bukan hanya beristirahat. Tapi, ada proses recovery dan pembentukan neuron dalam otak sehingga kamu bisa melihat lebih banyak peluang dan menganalisis lebih baik.

Berada di rumah terus menerus bukan berarti kamu hanya rebahan dan tidak produktif, Beauties. Pastikan untuk tetap menjaga kecerdasan otak dengan melakukan olahraga otak supaya tidak lemot, ya!

Lebih baru Lebih lama