5 Bentuk Self Love Language atau Mencintai Diri Sendiri, Kamu Cenderung yang Mana?

 5 Bentuk Self Love Language atau Mencintai Diri Sendiri, Kamu Cenderung yang Mana?

BEGINI.ID - Bentuk cinta yang kita tunjukkan ke orang lain maupun diri sendiri, bisa bermacam-macam jenisnya. 

Mengutip laman Well and Good, Gary Chapman dalam bukunya membagi lima love language yang meliputi: kata-kata afirmasi, mendapatkan hadiah, waktu berkualitas, sentuhan fisik, dan tindakan pelayanan. Hal ini merupakan bentuk yang bisa kita definisikan sebagai bentuk cinta bila kita mendapatkannya dari orang lain, maupun cara kita dalam memperlakukan orang lain.

Self-love sendiri biasanya dilakukan sebagai upaya untuk mengapresiasi diri sendiri karena telah melakukan suatu capaian, baik dalam konteks sederhana maupun suatu hal yang besar.

1. Self Love dengan Melakukan Sesuatu Terhadap Diri Sendiri

self-love, selflove, apresiasi
Membersihkan rumah untuk kesenangan pribadi/pexel.com/Andrea Piacquadio

Bagi sebagian orang yang selalu sibuk di luar rumah baik pekerjaan di kantor maupun di lapangan, biasanya begitu melakukan sesuatu untuk diri sendiri dapat menjadi kepuasan sendiri. Pelayanan yang dapat dilakukan untuk dirimu sendiri saat berada di rumah seperti: bebersih dan menata rumah atau ruangan pribadi, memasak, membuat jadwal baru, atau sekedar meletakan aroma terapi di sudut ruangan untuk menenangkan diri.


2. Memberi Hadiah pada Diri Sendiri

Banyak hal yang bisa kamu lakukan sebagai upaya untuk menghadiahkan dirimu sendiri atas kerja keras yang sudah kamu lakukan, seperti membeli barang yang sangat kamu inginkan, entah makeup, skincare, body care, baju dan lain sebagainya, kemudian kamu juga bisa melakukan traveling, atau sekadar window shopping ke mall.

3. Self Love dengan Melakukan Quality Time

Beberapa orang perlu menghabiskan waktu sendirian untuk charging energi yang akan mereka gunakan, terutama bagi para introvert. Beberapa opsi yang bisa digunakan untuk quality time di antaranya seperti menonton film, tidur, membaca buku, melakukan meditasi, atau sekadar sejenak rebahan menghabiskan waktu untuk dirimu sendiri.


self-love, selflove, apresiasi
Memberi hadiah pada diri sendiri sebagai upaya selflove/pexel.com/andre furtado

4. Sentuhan

Physical touch dalam konteks ini adalah, kamu bisa nih Beauties, melakukan relaxing bath dengan memberikan aroma terapi atau bath flower kesukaanmu. Pergi ke tempat spa, berendam air hangat, juga melakukan skincare routine. Tujuannya untuk meregangkan otot dan memijat area badan tertentu, sehingga bisa memberi efek relaksasi dan stres pun berkurang.

5. Menuliskan Kalimat Afirmasi

Afirmasi sendiri adalah pernyataan atau penegasan positif yang bisa kamu lakukan untuk memotivasi diri sendiri. Dalam hal ini, kamu bisa menuliskan prestasi atau goals yang ingin kamu dapatkan di beberapa waktu yang akan datang dalam buku jurnalmu, Beauties.

Di samping itu kamu mengatakan kalimat positif pada dirimu sendiri, bersyukur dengan hal yang sudah kamu punya sekarang sebagai pelengkap atas hasil yang sudah kamu capai.

self-love, selflove, apresiasi
Memberi apresiasi pada diri sendiri/pexel.com/Andrea Piacquadio

Itulah beberapa self-love yang bisa kamu lakukan dengan cara sederhana, namun bermakna. Melakukan apresiasi terhadap diri sendiri memang penting, namun perlu diperhatikan juga, jangan sampai kamu menyalahgunakan istilah self-love untuk melakukan hal negatif ya, Beauties!

Contohnya seperti boros dan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak penting, atau mungkin mengatasnamakan sifat egois dengan istilah self-love. Karena, menggunakan istilah tertentu yang tidak sesuai bisa jadi merugikan orang lain atau dirimu sendiri.

Lebih baru Lebih lama