Selain Kondisi Rambut yang Kotor, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Jerawat di Badan

 Selain Kondisi Rambut yang Kotor, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Jerawat di Badan

BEGINI.ID - Kemunculan jerawat di badan atau body acne pada umumnya dapat terjadi pada siapa saja, entah perempuan maupun laki-laki. Penyebab utamanya adalah penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih.

Salah satu cara untuk merawat kesehatan kulit badan, kamu sebaiknya senantiasa memperhatikan kebersihan dan gaya hidup yang kamu jalani.

Lalu bagaimana kalau kamu sudah terlanjur mengalami jerawat di badanmu? Beauties, yang perlu kamu lakukan pertama adalah mencari penyebab kenapa kamu memiliki jerawat di badan. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang mendasari munculnya jerawat badanApa saja?

Genetik atau Keturunan

Jerawat badan, body acne, jerawat
Jerawat yang muncul karena genetik/freepik.com/freepic.diller

Beauties, meskipun kasus ini jarang terjadi, tapi tetap dapat berpengaruh pada kemunculan jerawat. Setiap orang mampu menurunkan gen yang sama pada anak-anak mereka, tak terkecuali mereka yang memiliki riwayat jerawat. Gen yang diturunkan tersebut dapat menyebabkan variasi dalam struktur kelenjar minyak, yang sebabkan tumbuh jerawat.


Gesekan Kulit dengan Pakaian

Jerawat badan, body acne, jerawat
Gesekan pada kulit menyebabkan jerawat/freepik.com/tirachardz

Perhatikan pakaianmu. Kemunculan jerawat bisa disebabkan karena adanya gesekan, tekanan ,atau suhu panas dari benda-benda yang kamu gunakan di keseharia. Seperti baju, ransel, kain dengan tekstur kasar atau tali helm. Gesekan pada benda ini bisa jadi penyebab iritasi pada kulit, ditambah dengan suhu panas, alhasil bakteri penyebab jerawat dengan mudah datang.

Memakai Pakaian Ketat

Jerawat badan, body acne, jerawat
Menggunakan pakaian ketat/freepik.com/user18526052

Beauties, ketika menggunakan pakaian ketat kamu pasti akan merasakan hawa panas, itu karena kulit tidak dapat bernapas dengan baik. Ini menyebabkan kelenjar keringat akan secara otomatis merespons untuk memproduksi keringat, sebagai upaya mempertahankan suhu badanmu agar tetap normal.

Namun keringat yang bercampur dengan minyak alami akan menjadikan sel kulit menjadi lebih tebal. Dari sinilah munculnya jerawat badan. Sel kulit mati yang tertumpuk akan membuat pori-porimu tersumbat, sehingga dapat memicu munculnya komedo dan jerawat.

Rambut Kotor

Jerawat badan, body acne, jerawat
Rambut penyebab jerawat/freepik.com/freepik

Rambut kotor memang bisa jadi salah satu penyebab munculnya jerawat badan, apa lagi jika sudah mulai berminyak dan rambut jarang dicuci. Hal ini dikarenakan adanya gesekkan antara rambut dan kulit badanmu. Rambut kotor yang bercampur dengan minyak alami rambut membuat pori-pori tersumbat, Beauties.

Hormon yang Tidak Stabil

Jerawat badan, body acne, jerawat
Hormon stres penyebab jerawat/freepik.com/freepik

Tidak hanya wajah, penyebab munculnya jerawat di badanmu juga bisa jadi karena ketidakseimbangan hormon. Terlebih lagi jika kamu mengalami stres. Pasalnya stres dalam jangka panjang mampu mempengaruhi kestabilan hormon androgen. Akibatnya produksi sebum pada kulit akan berlebih dan memicu peradangan hingga menjadi jerawat.

Lebih baru Lebih lama