Nggak Punya Waktu Olahraga? Ikuti Cara Ini untuk Terus Bergerak!

 Nggak Punya Waktu Olahraga? Ikuti Cara Ini untuk Terus Bergerak!

BEGINI.ID - Olahraga jadi kegiatan penting yang sering diabaikan, padahal ada banyak manfaat. Ada banyak orang yang enggak sempat untuk berolahraga. Karena sudah sibuk dari pagi sampai malam. Coba deh luangkan waktu sepuluh menit sehari agar terus bergerak.

Biasanya setelah seminggu tubuh akan terasa bugar, kualitas tidur membaik, terhindar dari sakit kepala, sampai enggak mudah capek. Buat yang enggak punya waktu tapi ingin tetap bergerak, coba yuk beberapa cara ini.

Maksimalkan Aktivitas Sehari-hari

Cukup maksimalkan saja aktivitas sehari-hari yang sudah dilakukan.
Freepik.com

Sebenarnya untuk berolahraga enggak perlu menyesuaikan waktu. Cukup maksimalkan saja aktivitas sehari-hari yang sudah dilakukan. Misalnya sambil menonton televisi lakukan squat atau jumping jacks. Bisa juga melakukannya saat gosok gigi dan sebelum mandi. Hal yang penting adalah tubuh mengeluarkan keringat dan tetap bergerak.

Luangkan Waktu Lima Menit Setiap Senggang

Tanpa disadari sudah bergerak selama 45 sampai 60 menit.
Freepik.com

Keliatannya sulit untuk meluangkan waktu satu jam berolahraga setiap harinya. Jadi coba luangkan waktu hanya lima menit yang berbeda dalam satu hari untuk mendapatkan gerakan. Misalnya, lakukan gerakan yoga sambil menyeduh kopi atau bisa mencontek gerakan workout di lima menit berikutnya. Dari sinilah tanpa disadari sudah bergerak selama 45 sampai 60 menit.

Bangun dan Tidur 20 Menit Lebih Awal

Pilih antara bangun atau tidur 20 menit lebih awal.
Freepik.com

Setelah cukup bergerak, usahakan untuk istirahat dengan cukup. Pilih antara bangun atau tidur 20 menit lebih awal. Bangun lebih awal akan membantu punya banyak waktu di pagi hari. Ingatlah kalau tidur juga memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh. Saat masuk jam tidur, letakkan handphone jauh dari jangkauan dan matikan televisi.


Ubah Pekerjaan Jadi Workout

Beberapa pekerjaan rumah memerlukan keterlibatan fisik di setiap bagian tubuh.
Freepik.com

Kalau dipikir kembali, mencuci piring bisa melatih otot bisep lho. Karena beberapa pekerjaan rumah memerlukan keterlibatan fisik di setiap bagian tubuh. Seperti jongkok untuk mengambil cucian akan melatih kaki dan menyapu dapat melatih otot. Jika melakukannya secara berturut-turut, detak jantung akan meningkat sehingga terhitung kardio.

Kreasikan Tempat Kerja

Kreasikan tempat kerja agar nyaman bergerak.
Freepik.com

Bagi yang tidak punya waktu sama sekali, coba deh kreasikan tempat kerja agar nyaman bergerak. Kalau merasa capek duduk selama berjam-jam, segera berdiri dan lakukan peregangan. Atau bisa juga beli alat olahraga yang praktis sehingga bisa multitasking. Seperti mengganti kursi jadi bola yoga untuk melatih otot inti.

Lebih baru Lebih lama