Lakukan Hal Ini Sebelum dan Sesudah Vaksinasi, Jangan Sampai Kelewat!

 Lakukan Hal Ini Sebelum dan Sesudah Vaksinasi, Jangan Sampai Kelewat!

BEGINI.ID - Pemberian vaksin merupakan salah satu aksi dalam mencegah penyebaran virus corona. Meskipun kelihatan sudah banyak yang menerima vaksin, tapi nyatanya lebih banyak lagi yang belum menerima vaksin. Jika kamu belum menerima vaksin, maka kamu wajib mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum vaksin dan apa saja yang harus dilakukan setelah vaksin.

Sebelum Vaksin

Fit and Healthy (freepik.com/wayhomestudio)
Fit and Healthy (freepik.com/wayhomestudio)

1. Mencari Tau Informasi Seputar Vaksin

Sebelum menerima vaksin, kamu wajib mencari tau informasi mengenai vaksin terlebih dahulu. Baik itu dari jenis vaksin yang akan kamu terima, syarat vaksinasi, efek sampingnya, lokasi penerimaan vaksin dan hal-hal lain yang berkaitan. Kamu juga bisa coba bertanya-tanya ke teman atau saudaramu yang sudah terlebih dahulu menerima vaksin.

Pastikan juga kamu mencari informasi dari sumber terpercaya. Semakin banyak informasi yang kamu terima, maka kamu akan semakin siap dalam menerima vaksin.

2. Menjaga Stamina dan Imunitas Tubuh

Tubuh kita memerlukan stamina dan imunitas yang baik dalam melawan efek samping dari vaksin. Oleh karena itu, beberapa hari sebelum vaksin, kamu wajib menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Jangan sampai kelelahan akibat terlalu sering begadang, olahraga berlebihan maupun stress.


3. Mencukupi Nutrisi Tubuh

Sebelum menerima vaksin, kamu juga perlu memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi bisa mencukupi keperluan nutrisi tubuhmu. Jangan lupa mengonsumsi vitamin juga supaya imunitas tubuh tetap terjaga.

4. Makan Sebelum Vaksin

Kamu tidak boleh membiarkan perutmu dalam keadaan kosong sebelum menerima vaksin. Pastikan kamu sudah makan terlebih dahulu supaya kamu punya tenaga yang cukup dalam menerima efek samping setelah vaksin.

Setelah Vaksin

Bedrest (freepik.com/drobotdean)
Bedrest (freepik.com/drobotdean)

1. Istirahat yang Cukup

Setiap orang mengalami efek samping vaksin yang berbeda-beda, ada yang merasa kesakitan di seluruh tubuhnya, demam dan ada juga yang tidak merasakan apa-apa. Meskipun efek samping yang kamu dapatkan nantinya tergolong ringan, tetaplah istirahat yang cukup setelah menerima vaksin. Jika kamu memaksakan diri untuk beraktivitas terlalu berat setelah vaksin, maka efek samping dari vaksin di tubuhmu akan semakin berat.

2. Menangani Efek Samping Vaksin

Selain istirahat, kamu juga perlu menangani efek samping dari penerimaan vaksin tadi. Jika kamu merasa perlu mengonsumsi obat, pilihlah obat yang sesuai dengan keluhanmu. Jika efek samping vaksin dirasa terlalu berat dan tidak wajar, kamu bisa segera menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

3. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Meskipun kamu sudah menerima vaksin, bukan berarti 100% kamu akan terbebas dari serangan virus corona. Vaksin hanya membentuk pertahanan dalam tubuh untuk menghadapi serangan virus tersebut. Oleh karena itu, sekalipun kamu sudah menerima vaksin pertama dan kedua, pastikan kamu tetap mematuhi protokol kesehatan supaya bisa meminimalisir terinfeksi virus corona.

4. Tetap Mencukupi Nutrisi Tubuh

Setelah menerima vaksin, kamu tetap perlu menjaga kesehatan dengan mencukupi nutrisi dalam tubuh. Tetaplah makan makanan yang bernutrisi, penuhi kebutuhan air dalam tubuh dan jangan lupa mengonsumsi suplemen tambahan jika diperlukan.

Itulah beberapa hal penting yang wajib kamu lakukan sebelum dan sesudah vaksin. Jangan takut untuk menerima vaksin, ya, Beauties, supaya kita bisa mempercepat proses pemutusan penyebaran rantai covid-19 ini. Stay safe and stay at home!

Lebih baru Lebih lama