Konsumsi 6 Makanan Ini, untuk Bantu Pertumbuhan Rambut Agar Cepat Panjang

 Konsumsi 6 Makanan Ini, untuk Bantu Pertumbuhan Rambut Agar Cepat Panjang

BEGINI.ID - Beauties, ada istilah yang menyebutkan bahwa rambut merupakan mahkota bagi perempuan, sehingga banyak orang ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat. Oleh sebab itu kita harus selalu menjaga  kekuatan serta pertumbuhan rambut agar tidak mengalami kerusakan.

Tahu, nggak? Ternyata rambut hanya bisa tumbuh sekira 1,25 cm per bulan dan 15 cm per tahun, tetapi bisa juga tumbuh lebih cepat atau lebih lambat bergantung pada faktor usia, kesehatan, genetika, dan diet.

Merawat pertumbuhan rambut bisa kamu lakukan dari luar dan dalam tubuh, mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan seimbang bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Beauties, jika kamu ingin menumbuhkan rambut dengan cepat, berikut ini ada makanan yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

Bayam

vitamin A dalam bayam bisa membantu kelenjar kulit memproduksi sebum yang bisa melembapkan kulit kepala agar tetap sehat
Bayam membantu mempercepat pertumbuhan rambut/ Foto: Freepik/ Racool_studio

Bayam merupakan sayuran yang sangat mudah dijumpai, sayuran hijau ini memiliki banyak nutrisi seperti folat, zat besi, vitamin A dan C yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Dikutip dari laman Healthline, vitamin A dalam bayam bisa membantu kelenjar kulit memproduksi sebum yang bisa melembapkan kulit kepala agar tetap sehat.

Zat besi pada bayam merupakan kandungan penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Apabila kekurangan zat besi maka akan mengalami kerontokan rambut.


Alpukat

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam alpukat bisa meningkatkan pertumbuhan rambut
Alpukat bisa meningkatkan pertumbuhan rambut/ Foto: Freepik/ dashu83

Alpukat memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam alpukat bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, antioksidan yang membantu memerangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas dan lemak esensial penting untuk pertumbuhan rambut. Satu buah alpukat seberat 200 gram mengandung 21 persen kebutuhan vitamin E harian kamu.

Kacang-Kacangan

Kandungan biotin yang tinggi dalam kacang terutama almond atau kenari sangat bagus untuk pertumbuhan rambut
Kacang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut/ Foto: Freepik/ racool_studio

Kandungan biotin yang tinggi dalam kacang terutama almond atau kenari sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Menurut Sammi Haber, ahli diet di Nutrition Works di New York mengatakan bahwa kacang-kacangan juga kaya akan vitamin E, antioksidan yang menyehatkan tubuh, rambut, dan kulit kepala.

“Kekurangan biotin bisa menyebabkan kerontokan rambut,” ujarnya yang dikutip dari Byrdie.

Pepaya

Vitamin C, serat dan karotenoid yang terdapat dalam pepaya bisa mempercepat tumbuhnya rambut dan membantu kesehatan kulit kepala.
Pepaya bisa mempercepat tumbuhnya rambut/ Foto: Freepik/ Racool_studio

Banyak produk perawatan rambut yang mengandung pepaya, kamu juga bisa mengonsumsi pepaya untuk melakukan perawatan dari dalam tubuh. Vitamin C, serat dan karotenoid yang terdapat dalam pepaya bisa mempercepat tumbuhnya rambut dan membantu kesehatan kulit kepala.

Jambu Biji

vitamin C jambu biji dapat mendorong pertumbuhan rambut panjang
Jambu biji dapat mendorong pertumbuhan rambut panjang/ Foto: Pexels/ Any Lane

Kita sering menganggap bahwa buah yang paling banyak mengandung vitamin C adalah jeruk, ternyata vitamin C dalam jambu biji memiliki kandungan hingga lima kali lipat lebih tinggi dibanding jeruk, lho. Dikutip dari Eat This, ada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan bahwa vitamin C jambu biji dapat mendorong pertumbuhan rambut panjang yang signifikan pada perempuan dengan penipisan rambut sementara.

Paprika Merah

Paprika merah membantu rambut kamu tetap kuat dan tumbuh panjang
Paprika membantu rambut tumbuh panjang/ Foto: Freepik/ Artem Beliaikin

Sayuran Paprika memiliki vitamin C yang membantu rambut kamu tetap kuat dan tumbuh panjang. Selain vitamin C, antioksidan yang terkandung dalam paprika sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan rambut. Jika kamu memadukan paprika merah dan bayam yang mengandung zat besi untuk dikonsumsi maka akan membuat rambutmu menjadi lebih kuat.

Nah Beauties, selain melakukan perawatan dari luar, untuk mendapatkan rambut panjang, kuat dan sehat harus mengonsumsi makanan yang bisa membantu dalam mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

Lebih baru Lebih lama