Kayu Manis: Enak Rasanya, Banyak Manfaatnya!

 Kayu Manis: Enak Rasanya, Banyak Manfaatnya!

BEGINI.ID - Nama kayu manis sudah tidak asing lagi di telinga kita ya, Beauties. Rempah ini sangat banyak ditemui di seluruh wilayah dan Indonesia menjadi penghasil kayu manis terbesar di dunia, tepatnya di Kabupaten Kerinci.

Selain jadi bahan masakan dan cemilan kayu manis, sirup atau minuman kayu manis juga banyak digemari. Aromanya yang khas juga menarik untuk dijadikan parfum kayu manis  yang segar dan spacy.

Dilansir dari health.detik.com, kegunaan kayu manis sangat beragam karena kaya antioksidan, antimikroba dan antiinflamasi yang baik untuk melawan sumber penyakit dalam tubuh loh, Beauties.

Berikut manfaat kayu manis yang bisa dirasakan kala mengonsumsi kayu manis:

Kayu Manis Untuk Diabetes, Menurunkan Gula Darah

Manfaat kayu manis untuk diabetes dapat menurunkan gula darah
Kayu manis untuk diabetes/foto: freepik.com/vgstockstudio

Penyakit diabetes melitus terjadi karena penumpukan glukosa yang tidak bisa diserap oleh sel tubuh. Kandungan senyawa kafeat dan sinamat dalam kayu manis berperan menghambat aktivitas enzim glukosidase. Bila aktivitas enzim glukosidase terhambat, efeknya kadar gula darah menurun.

Kegunaan kayu manis untuk diabetes ini dapat dinikmati dengan meminum secara rutin air seduhan kayu manis. Eits, tapi jangan berlebihan ya, Beauties.


Kayu Manis Membantu Mempercepat Metabolisme Tubuh

kegunaan kayu manis untuk mempercepat metabolisme tubuh bagi kamu yang sedang diet
Meningkatkan metabolisme tubuh/foto: freepik.com/pereslavtseva

Dilansir dari  verywellfit, kayu manis dikatakan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah. Keduanya menjadi komponen kunci untuk menurunkan berat badan dan mengendalikan diabetes tipe 2.

Pembahasan kegunaan kayu manis untuk menurunkan berat badan memang sedang populer. Namun fakta atas klaim tersebut sebenarnya adalah kayu manis dianggap dapat meningkatkan metabolisme karena tubuh mengeluarkan banyak energi untuk memproses rempah-rempah daripada makanan lain.

Kayu manis mengandung banyak serat yang membuat kita merasa “penuh” dan memberi sinyal  ke tubuh jika waktu makan sudah berakhir.

Temuan ini tidak terkait langsung dengan penurunan berat badan, namun bisa membuat rasa kenyang dengan seratnya yang tinggi dan rendah kalori. Untuk kamu yang ingin diet tetap bisa nih menggunakan kayu manis sebagai campuran di setiap masakan.

Faktanya lagi, terlalu banyak kayu manis bisa menjadi racun dan berbahaya bagi tubuh, jadi jangan berlebihan ya, Beauties.

Kayu Manis Merawat Kecantikan Alamimu

Manfaat kayu manis untuk menjaga kecantikan dari penuaan dini
Mencegah penuaan dini/foto: freepik.com/Drobotdean

Dilansir dari healhshots, penelitian dari Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menyatakan bahwa penggunaan minyak kayu manis bermanfaat dalam menghadapi jerawat.

Kayu manis mengandung tinggi antioksidan yang melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas dan tanda-tanda penuaan dini. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan di PubMed Central mencatat bahwa dari 26 bahan, kayu manis adalah yang paling efektif dalam hal aktivitas antioksidan.

Wah, ternyata beragam ya manfaat kayu manis, Beauties. Satu rempah dengan beragam manfaat ini wajib banget dicoba, nih!

Lebih baru Lebih lama