Kangen Liburan? Yuk Jelajah Virtual ke Cappadocia, Tempat Wisata di Turki Favorit Para Artis

 Kangen Liburan? Yuk Jelajah Virtual ke Cappadocia, Tempat Wisata di Turki Favorit Para Artis

BEGINI.ID - Turki, negara di wilayah Eurasia ini mempunyai bentang alam dan percampuran kebudayaan yang luar biasa indah. Salah satu tempat wisata di Turki terfavorit adalah Cappadocia, sebuah kota kecil yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi bentang alam bebatuan unik. Bertolak dari Istanbul, kamu bisa menuju Cappadocia menggunakan transportasi bis atau pesawat.

Cappadocia yang disebut-sebut bak surga dunia ini menjadi tempat liburan favorit bagi publik figur, loh! Wah, destinasi wisata apa saja yang bisa kita temukan di Cappadocia?

Menginap di Cave Hotel

cappadocia
Interior di cave hotel/Foto: Instagram.com/artemiscavesuites

Sesampainya di Cappadocia, hal pertama yang jadi perhatian adalah tempat menginap. Di Cave Hotel, kamu bisa merasakan sensasi bermalam dalam goa dengan pahatan bebatuan putih bernuansa Maroko, ditambah pemandangan balon udara warna-warni di balik jendela.

Meski arsitekturnya terkesan ‘back to nature’, namun hotel unik ini dilengkapi dengan furnitur modern seperti, televisi, AC, wastafel, bahkan bathup. Tarif hotel dari berbagai kelas di sini berkisar Rp350 ribu - Rp3 juta.

Fairy Chimney, Tempat Liburan bak Negeri Dongeng

cappadocia
Panorama Pasabag Valley/Foto: Pexels.com/julia volt

Fairy Chimney atau Cerobong Peri di Pasabag (Monks) Valley dan Rose Valley merupakan tempat wisata lembah-lembah yang termasuk area Göreme National Park. Jika di Pasabag Valley terpampang panorama bebatuan-bebatuan tinggi menyerupai cerobong asap, maka di Rose Valley kamu dapat melihat hamparan berbagai gereja dan kapel yang indah di sepanjang lembah.

Wisata Budaya di Göreme Open Air Museum dan Museum Güray

cappadocia
Goreme Open Air Museum/Foto: Flickr.com/Dan

Berkunjung ke suatu daerah akan lebih seru jika kita ikut menyusuri peradaban budayanya. Termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1984, Göreme Open Air Museum merupakan komplek gereja kuno dan biara pada abad ke-3 dan ke-4 yang dipahat dalam bukit batu. Beberapa gereja memiliki interior lukisan bergaya fresco yang menakjubkan.

Lanjut, mari beralih ke Museum Güray, museum tembikar pertama dan satu-satunya di dunia yang berada 20 meter di bawah permukaan tanah. Tiap ruang pameran dipahat dari batu dengan interior yang mewah.


Menikmati Pemandangan dari Balon Udara

cappadocia
Wisata balon udara di Cappadocia/Foto: Pexels.com/mehmet turgut kirkgoz

Nah, ini dia wisata balon udara yang menjadi wahana primadona di Cappadocia. Terletak di G̦reme National Park, kamu akan diajak untuk berburu matahari terbit sembari melihat keindahan Cappadocia dari atas udara. Jangan lupa untuk potret panorama spektakuler dari atas sana, ya! Sedikit tips, datanglah di waktu terbaik saat musim semi dan panas sekitar bulan Mei РAgustus, lalu pantau pula prakiraan cuacanya.

Rekomendasi Restoran di Cappadocia

cappadocia
Suasana di Dibek Restaurant/Foto: Instagram.com/dibekrestaurant

Usai lelah berjalan-jalan, mari mengisi perut dengan makanan khas warga Cappadocia. Kebab pottery ialah hidangan kebab berkuah yang disajikan secara unik di dalam pot tanah liat. Rasanya benar-benar nikmat disantap bersama nasi hangat! Kamu bisa mencicipi kebab pottery di Dibek Restaurant dengan harga yang cukup terjangkau. Rekomendasi teratas lainnya yakni Topdeck Cave Restaurant di Göreme, berada dalam gua kecil dengan menawarkan suasana khas Turki.

Belanja Oleh-oleh Permadani dan Keramik Antik

cappadocia
Permadani indah dari Cappadocia/Foto: Instagram.com/turkeytravelgo

Terakhir, mari berbelanja cinderamata khas Cappadocia yang unik-unik. Turki dikenal sebagai perajin karpet dan keramik berkualitas tinggi. Matamu akan langsung terpesona pada keelokan motif-motif permadani yang dihasilkan secara manual. Jangan sedih, karpet-karpet ini bisa dikirim ke alamat di Indonesia, loh. Selain itu, kamu bakal dibuat ngiler dengan koleksi kerajinan keramik yang telah berjalan turun-temurun selama ribuan tahun di daerah Avanos dan Ürgüp.

Lebih baru Lebih lama