Bukan Cuma Anemia, Ternyata Ini Lho Penyebab Kulit Tampak Pucat

 Bukan Cuma Anemia, Ternyata Ini Lho Penyebab Kulit Tampak Pucat

BEGINI.ID - Siapa yang tak ingin memiliki kulit segar, lembap dan bercahaya. Tentu semua orang pada umumnya menginginkan kulit yang sehat tanpa terlihat seperti orang sakit.  

Namun, ada beberapa penyebab yang membuat kulit seseorang menjadi pucat dan kehilangan kesegarannya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh gejala anemia atau beberapa penyebab lainnya sebagaimana berikut ini. 

 

1. Anemia

Anemia membuat wajah terlihat pucat.
Anemia/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio 

Salah satu penyebab kulit pucat adalah anemia. Anemia sendiri adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat, sehingga membuat organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen. Hal inilah yang membuat seseorang menjadi merasa lelah, lesu, pusing dan tampak pucat. 

Penyebab anemia paling umum biasanya karena kekurangan asupan gizi berupa zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Karena itu, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan gizi agar tidak kurang. 

 

2. Stres

Stres juga dapat membuat kulit pucat.
Stres/ Foto: pexels.com/Engin Akyurt 

Stres memang dapat berpengaruh buruk bagi fisik maupun mental. Seperti halnya tekanan darah yang meningkat, penurunan berat badan, sulit tidur, tidak nafsu makan atau sebaliknya, kulit kering dan juga pucat tentunya. Karena itu, penting untuk mencoba menenangkan diri dan mengelola stres dengan baik. 

 


3. Kurang Paparan Sinar Matahari

Kurang paparan sinar matahari dapat membuat kulit jadi pucat.
Kurang Sinar Matahari/ Foto: pexels.com/Bas Masseus 

Umumnya setiap orang tentu sudah mengetahui bahwa sinar matahari mengandung vitamin D yang bermanfaat bagi tubuh. Sementara itu, kurangnya paparan sinar matahari juga dapat membuat kulit tampak pucat. Karena itu, tidak ada salahnya menyempatkan waktu sambil berjemur untuk mendapatkan manfaat sinar matahari di waktu yang tepat. 

 

4. Dehidrasi

Dehidrasi membuat kulit pucat.
Dehidrasi/ Foto: pexels.com/Ron Lach 

Dehidrasi juga menjadi penyebab kulit terlihat kusam, kering, dan pucat. Wajah terlihat pucat dan tidak bercahaya lantaran dehidrasi dapat menurunkan volume aliran darah ke kulit. 

Oleh sebab itu, penting menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi. Cukupilah kebutuhan air setiap harinya dengan jumlah yang cukup. Selain itu, hindari minuman yang tidak baik, seperti halnya alkohol yang juga dapat menimbulkan masalah bagi kulit termasuk pucat.

 

5. Merokok

Merokok juga dapat membuat kulit terlihat pucat.
Merokok/ Foto: pexels.com/fotografierende 

Salah satu dampak buruk merokok juga berpengaruh pada kulit. Karena merokok dapat mengurangi produksi kolagen dan akhirnya menyebabkan proses penuaan kulit secara cepat, seperti kulit kering, kusam, keriput dan juga pucat. Karena itu, hindarilah kebiasaan merokok dan juga berusaha untuk menghindari asap rokok di sekeliling.

Lebih baru Lebih lama