Bingung dengan Persiapan Kuliah? Coba Ikuti 6 Tips Berikut untuk Camaba

 Bingung dengan Persiapan Kuliah? Coba Ikuti 6 Tips Berikut untuk Camaba

BEGINI.ID - Sebagai seorang calon mahasiswa baru, kamu mungkin akan mengalami kebingungan tentang apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang perkuliahan. Apalagi sistem perkuliahan dengan sekolah yang memiliki banyak perbedaan. Tapi jangan khawatir, karena 6 tips di bawah ini akan membantumu dalam mempersiapkan diri sebelum memulai hari pertama kuliah!

1. Mengenali Istilah dalam Kampus

Dalam lingkungan perguruan tinggi atau kampus, akan banyak ditemui istilah-istilah yang masih asing di telinga anak sekolah. Misalnya seperti mapel alias mata pelajaran yang ketika di kuliah lebih dikenal dengan istilah matkul atau mata kuliah. Kemudian ada juga istilah kakak tingkat dan adik tingkat yang semasa sekolah lebih sering dikenal dengan istilah kakak kelas dan adik kelas. Kamu juga perlu mencari tau nama-nama jabatan dan juga organisasi yang ada di lingkungan kampus yang tentunya akan sangat berbeda dengan di sekolah.

Hal ini penting supaya ketika mulai menjalani perkuliahan, kamu sudah terbiasa dengan istilah-istilah tadi.

Sitting Outdoor (freepik.com/pressfoto)
Sitting Outdoor (freepik.com/pressfoto)

2. Mencari Tahu Lebih Lanjut Mengenai Jurusan yang Diambil

Sambil menunggu masuk kuliah, kamu bisa mencari tau lebih dalam lagi mengenai jurusan yang kamu ambil. Mungkin sebelumnya kamu hanya mengetahui bagian kulitnya saja, maka sekarang waktunya kamu mencari tahu lebih detail lagi, seperti materi apa saja yang akan dipelajari, bagaimana kurikulumnya di kampusmu dan hal-hal lain yang berkaitan.


3. Mencari Tahu Lebih Lanjut Mengenai Kampus Sendiri

Selain mencari tahu seputar jurusan, kamu juga wajib mencari tau tentang kampusmu sendiri. Karena ketika kamu sudah diterima menjadi mahasiswa, maka kampus yang menerimamu akan menjadi identitas barumu. Kamu wajib mencari tau identitas kampus seperti alamatnya dimana, apa akreditasnya, jurusan apa saja yang ada di kampusmu dan sebagainya. Hal ini juga penting supaya kamu tidak kebingungan saat ditanya orang mengenai kampusmu.

Students Group (freepik.com/drobotdean)
Students Group (freepik.com/drobotdean)

4. Mengasah Soft Skill

Ketika mulai memasuki dunia perkuliahan dan pekerjaan, maka soft skill menjadi aspek utama yang harus dikuasai oleh siapa saja. Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu ini untuk mengasah soft skill-mu seperti public speaking, manajemen waktu, berpikir kritis, literasi digital, kemampuan berkomunikasi serta beradaptasi dan lain-lain. Kemampuan-kemampuan tadi akan sangat membantumu ketika menjalani perkuliahan nanti.

5. Mempersiapkan Peralatan yang Mendukung Proses Perkuliahan

Sebelum memulai perkuliahan, kamu bisa menyiapkan apa saja yang diperlukan nantinya. Misalnya seperti masa pandemi gini, kamu akan memerlukan alat berupa laptop dan smartphone. Kemudian, kamu juga mungkin akan membutuhkan kemeja dan buku catatan yang lebih tebal. Hal-hal ini baiknya dipersiapkan dari sekarang supaya kamu tidak kewalahan saat kuliah dimulai nantinya.

Money Coins (freepik.com/jcomp)
Money Coins (freepik.com/jcomp)

6. Mencari Pemasukan Tambahan untuk Simpanan

Daripada menganggur di rumah, kamu juga bisa coba-coba untuk mencari pemasukan tambahan seperti berjualan online. Nantinya uang yang kamu dapatkan bisa kamu simpan untuk keperluan kuliah. Karena pastinya proses perkuliahan akan memerlukan banyak biaya, entah itu untuk paket internet, membeli bahan praktek maupun untuk keperluan fotokopi tugas.

Jadi, sudah sejauh mana kamu mempersiapkan kuliahmu?

Lebih baru Lebih lama