6 Makanan dan Minuman yang Dapat Menurunkan Sistem Imunitas Tubuh

 6 Makanan dan Minuman yang Dapat Menurunkan Sistem Imunitas Tubuh

BEGINI.ID - Sistem imunitas tubuh yang sehat berperan penting bagi tubuh karena dapat melindungi dari berbagai penyakit, terutama saat pandemi covid-19 yang sekarang sedang melanda. Untuk menjaga imun tubuh bisa dilakukan dengan berolahraga dan menjaga pola makan.

Namun kamu juga harus hati-hati Beauties, karena ada beberapa makanan dan minuman yang bisa menurunkan imunitas tubuh dan membuat tubuh gampang terserang penyakit.

Berikut ini 6 makanan dan minuman yang harus kamu dihindari karena dapat menurunkan sistem imunitas tubuh.

Garam

Makanan yang tinggi kandungan garam menjadi salah satu penyebab imunitas tubuh menjadi melemah
Garam bisa menyebabkan menurunkan sistem imun/ Foto: Pexels/ Castorly Stock

Makanan yang tinggi kandungan garam menjadi salah satu penyebab imunitas tubuh menjadi melemah, merusak fungsi kekebalan tubuh, memicu peradangan jaringan dan meningkatkan terjadinya risiko penyakit autoimun.

Dikutip dari Healthline, garam bisa menghambat fungsi kekebalan normal, menekan respon antiinflamasi, mengubah bakteri usus, dan 'mempromosikan' generasi sel-sel kekebalan yang terlibat dalam patogenesis penyakit autoimun. Satu lagi, salah satu makanan yang dapat menurunkan sistem imun yakni keripik.

Makanan yang Digoreng

makanan yang digoreng bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan kerusakan sel, menguras mekanisme antioksidan tubuh, dan mempengaruhi bakteri usus secara negatif.
Kurangi makanan yang digoreng/ Foto: Freepik/ Freepik

Makanan yang digoreng termasuk ke dalam kelompok molekul yang disebut produk akhir glikasi lanjutan (AGEs). Hal ini dapat terbentuk ketika gula bereaksi dengan protein atau lemak selama memasak dengan suhu yang tinggi.

Jika suhu ketika menggoreng makanan terlalu tinggi, AGEs bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan kerusakan sel, menguras mekanisme antioksidan tubuh, dan mempengaruhi bakteri usus secara negatif.

Untuk menghindarinya, kurangi makanan yang digoreng seperti ayam goreng, kentang goreng, gorengan, dan lainnya.

1. Makanan dan Minuman yang Bisa Menurunkan Imun Tubuh Berikutnya:

Soda dan minuman lain

Minuman berenergi, soda, alkohol jika dikonsumsi terlalu sering akan berakibat buruk pada tubuh
Kurangi minuman bersoda/ Foto: Pexels/ Artem Beliaikin

Minuman berenergi, soda, alkohol jika dikonsumsi terlalu sering akan berakibat buruk pada tubuh. Dikutip dari Healthshots, minuman tersebut dapat meningkatkan produksi hormon stres kortisol, mengganggu kadar gula darah, mengganggu fungsi insulin, serta memengaruhi siklus tidur yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Lebih baik konsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari agar tubuhmu tetap sehat, Beauties.


Kopi

Kopi juga menjadi penyebab turunnya sistem imun tubuh jika diminum terlalu sering
kopi bisa menurunkan sistem imun/ Foto: Pexels/ Kevin Menajang

Kopi juga menjadi penyebab turunnya sistem imun tubuh jika diminum terlalu sering. Meski kandungan antioksidan yang tinggi dan adanya sifat antiinflamasi pada kopi yang baik bagi tubuh, tetapi tingkat keasaman dalam kopi yang jika diminum terlalu sering dapat menyebabkan adanya gangguan pencernaan, kembung, dan sakit perut.

Gula

konsumsi gula tidak lebih dari 6 sendok bagi perempuan dan 9 sendok untuk pria
kurangi konsumsi gula/ Foto: Pexels/ Suzy Hazelwood

Ya, kamu perlu mengurangi konsumsi gula yang berlebih demi kesehatan. Dikutip dari HealthAmerican Heart Association menyarankan untuk membatasi konsumsi gula tidak lebih dari 6 sendok bagi perempuan dan 9 sendok untuk pria.

Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak fungsi penghalang usus dan mendorong ketidakseimbangan bakteri usus yang dapat mengubah respon imun tubuh dan menjadi rentan terkena penyakit.

Makanan Cepat Saji

makanan cepat saji bisa merusak sistem imunitas karena dapat mengakibatkan peradangan, meningkatkan permeabilitas usus dan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri dalam usus
Makanan cepat saji bisa menurunkan imun tubuh/ Foto: Pexels/ Robin Stickel

Terlalu sering makan makanan cepat saji bisa merusak sistem imunitas karena dapat mengakibatkan peradangan, meningkatkan permeabilitas usus dan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri dalam usus, yang semuanya bisa berdampak negatif pada kesehatan dan sistem imun.

Beauties, apapun yang dikonsumsi dengan berlebihan pastinya tidak baik untuk tubuh. Jika masih sering mengonsumsi makanan dan minuman di atas, lebih baik kurangi dan seimbangkan dengan makanan sehat, ya.

Lebih baru Lebih lama