5 Kiat Terbaik Agar Tetap Fokus Saat Bekerja dari Rumah, Selama Perpanjangan PPKM

 5 Kiat Terbaik Agar Tetap Fokus Saat Bekerja dari Rumah, Selama Perpanjangan PPKM

BEGINI.ID - Tetap fokus dalam bekerja di rumah aja selama PPKM Darurat ternyata nggak sulit untuk dilakukan, Beauties. Meskipun tentunya suasana yang tercipta akan berbeda saat berada di kantor. Saat berada di kantor, lingkungan dan orang-orang sekitar mendorong kamu untuk bisa tetap fokus dalam bekerja.

Berbeda saat kamu bekerja dari rumah, ada berbagai hambatan dan gangguan yang bisa bikin fokus kamu buyar. Tapi jangan khawatir, karena ada sederet cara yang bisa kamu coba agar tetap produktif di masa pandemi covid-19 ini. Cari tahu caranya lewat artikel berikut, yuk!

Menyingkirkan Segala Gangguan

Cara tetap fokus dalam bekerja dari rumah selama PPKM Darurat pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menyingkirkan segala gangguan yang tidak penting, Beauties. Salah satu godaan terbesar dalam menjaga fokus itu justru berasal dari dalam diri sendiri, lho.

Gangguan bekerja ini bisa berupa kebiasaan mengecek media sosial, membuka aplikasi belanja online, sampai adanya notifikasi pesan masuk di gadget ataupun komputer. Kiat terbaik agar tetap fokus dengan mengabaikan segala sesuatu tak penting yang bisa mengalihkan perhatian kamu.

Memberi Batasan Orang Sekitar 

Bekerja dari rumah membuat kamu lebih memiliki banyak waktu untuk berinteraksi dengan orang terdekat, baik itu keluarga di rumah ataupun teman-teman secara virtual. Tapi kondisi ini justru bisa bikin fokus kamu terpecah dan menghambat produktivitas kerja, Beauties.

Seperti yang dilansir dari Pop Sugar, kamu disarankan untuk memberi tahu pihak keluarga ataupun teman tentang jadwal kerja yang harus kamu selesaikan. Cara yang satu ini dilakukan agar orang di sekitar memahami kesibukan yang harus kamu lakukan, sehingga kamu pun bisa tetap fokus dalam bekerja.

Mengaplikasikan Teknik Pomodoro

Selanjutnya, ada sebuah kiat menarik yang bisa kamu terapkan agar tetap produktif di masa pandemi. Dikutip dari Healthline, sebuah teknik bernama Pomodoro bisa menjadi solusi kamu tetap fokus dalam bekerja, Beauties. Cara ini cukup sederhana untuk dilakukan, tapi butuh komitmen yang tinggi.

Kamu bisa menerapkan teknik Pomodoro dengan melatih otak agar tetap mengerjakan tugas dalam waktu singkat. Caranya dengan mengatur timer selama 25 menit untuk bekerja, lalu saat timer berbunyi kamu bisa beristirahat selama 5 menit. Selanjutnya lakukan cara ini hingga empat kali. Setelah itu, kamu bisa beristirahat lebih lama sekitar 20-30 menit.


Menerapkan Tujuan Secara SMART

Nggak hanya teknik PomodoroHealthline juga punya metode lain yang nggak kalah menarik untuk dilakukan. Caranya dengan menerapkan tujuan tetap fokus dalam bekerja secara SMART. SMART di sini adalah formula yang berisi kata-kata Specific, Measurable, Achieveable, Relevant, dan Timely.

Specific dengan menentukan apa yang harus dilakukan. Measurable dilakukan secara terukur dengan memantau progress kerja. Achieveble dengan mengukur keberhasilan antara batas waktu dan realita yang ada. Relevant dilakukan melalui mencocokan rencana dan tujuan secara keseluruhan. Timely dengan mengukur ketepatan waktu dan deadline yang ada.

Meningkatkan Suasana Hati Agar Lebih Semangat

Terakhir tapi bukan yang akhir, menciptakan suasana hati yang baik bisa berpengaruh pada produktivitas di masa pandemi, lho. Terlebih untuk tetap fokus dalam bekerja dari rumah, Beauties. Kiat yang bisa kamu coba untuk meningkatkan suasana hati agar lebih semangat dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan ditemani musik favorit. Selain itu, menyediakan camilan dan minuman favorit selama bekerja dari rumah juga membantu kamu menciptakan suasana kerja yang lebih positif.

Nah, itu tadi sederet kiat terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tetap fokus dalam bekerja dari rumah selama PPKM Darurat. 

Lebih baru Lebih lama