4 Trik Makanan untuk Meningkatkan Nafsu Makan Saat Anosmia

 4 Trik Makanan untuk Meningkatkan Nafsu Makan Saat Anosmia

BEGINI.ID - Anosmia adalah kondisi di mana indra penciuman kehilangan fungsinya secara permanen ataupun sementara. Menurut penelitian dari The Neuroscientist yang dilakukan tahun lalu,  lebih dari 5%  orang yang terkonfirmasi virus covid-19 menyatakan mengalami anosmia. Mungkin kalau sekarang jumlah persentase dapat lebih nih, Beauties. 

Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat menurunkan nafsu makan karena dapat mengubah rasa makanan menjadi hambar, pahit hingga menyebabkan muntah. Kalau nafsu makan kita berkurang, pastinya bakalan berpengaruh juga terhadap asupan nutrisi untuk tubuh. Jadi bagaimana kita dapat melawan virus covid-19 kalau kekurangan nutrisi untuk membentuk kekebalan tubuh?

Beauties, ternyata kita dapat melakukan trik makanan untuk menjadi cara meningkatkan nafsu makan saat anosmia, lho.

Campur Berbagai Makan

Cara meningkatkan nafsu makan saat anosmia
Cara meningkatkan nafsu makan saat anosmia/ Foto: unsplash/the blackrabbit

Beauties, mengkonsumsi beraneka ragam makan tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh, tetapi juga dapat membantu memuaskan lidah saat kehilangan rasa makanan. Dilansir dari Pubmed, tekstur makanan dapat merangsang berbagai persepsi sensori saat pemprosesan oral, sehingga meskipun perut akan lebih cepat kenyang tetapi juga dapat meningkatkan kepuasan dari makan tersebut.

Simpelnya, tekstur dari makanan yang kita konsumsi dapat mengalihkan pikiran kita dari rasa hambar. Jadi kita tetap dapat menikmati makanan meskipun tidak dapat merasakan rasa makanan.


Tambahkan Rasa Pedas

Cara meningkatkan nafsu makan saat anosmia
Cara meningkatkan nafsu makan saat anosmia/ Foto: unsplash/ryan quintal

Kabar gembira untuk pecinta makanan pedas nih, Beauties. Sensasi pedas pada makanan, ternyata dapat merangsang lebih banyak persepsi sensori yang membuat kita tetap dapat menikmati makanan. Dilansir dari Healthline, hal ini dikarenakan dalam makanan pedas, khususnya cabe rawit mengandung senyawa capsaicin. Senyawa ini dapat membuat rasa makan menjadi unik dan juga kaya akan manfaat. 

Tidak hanya itu, menurut jurnal dari Molecular Sciences, cabe rawit juga kaya akan vitamin C, vitamin B6, potasium, vitamin K1 dan juga vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Cabe juga mengandung antiinflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan radang. Banyak banget nih manfaat makanan pedas, tapi jangan sampe kebanyakan juga ya, Beauties. Bisa sakit perut nanti!

Tambahkan Bumbu Rempah

Cara meningkatkan nafsu makan saat anosmia
Cara meningkatkan nafsu makan saat anosmia/ Foto: unsplash/louis hansel

Banyak ahli menyarankan untuk merangsang indra penciuman dan perasa menggunakan bumbu rempah seperti jahe, sereh, jintan, cengkeh ataupun kunyit untuk mengatasi anosmia. Pendapat ini juga diperkuat oleh wawancara Dr. Sandra El Hajj, seorang dokter naturopati, bersama Healthline. Di mana Dr. Hajj merekomendasikan untuk mengkonsumsi jahe ataupun bumbu rempah lainnya untuk mengatasi anosmia

Hal ini dikarenakan bumbu rempah kaya akan sensasi rasa yang dapat merangsang indra perasa dan penciuman. Kandungan antiinflamasi dalam jahe, jintan, dan kunyit juga dapat membantu mempercepat penyembuhan radang tenggorok yang juga merupakan salah satu gejala covid-19.

Panaskan Makanan

Cara meningkatkan nafsu makan saat anosmia
Cara meningkatkan nafsu makan saat anosmia/ Foto: unsplash/madmax chef

Beauties, mengkonsumsi makanan hangat dapat menjadi cara meningkatkan nafsu makan untuk anosmia, lho. Penelitian dari Institute of Medicine, suhu makanan yang hangat dapat meningkatkan aroma dan juga rasa dari makanan tersebut. Tidak hanya itu, suhu makanan yang kita konsumsi dapat merangsang sensori pada indra penciuman dan juga perasa sehingga dapat membantu mengatasi anosmia.

Lebih baru Lebih lama