4 Tips Efektif Untuk Improve Cara Berpikir Kritis, Mudah Diikuti Kok!

 4 Tips Efektif Untuk Improve Cara Berpikir Kritis, Mudah Diikuti Kok!

BEGINI.ID - Keterampilan berpikir kritis memungkinkan kamu untuk memahami dan menangani situasi berdasarkan semua fakta dan informasi yang ada. Cara berpikir kritis melibatkan pemrosesan dan pengorganisasian fakta, data, dan informasi lain untuk mendefinisikan masalah dan mengembangkan solusi yang efektif.

Selain itu, manfaat berpikir kritis adalah untuk membantu kamu menemukan kekurangan dan membantu kamu mencapai hasil yang lebih baik dengan mengisi kekurangan tersebut. Nah, buat kamu yang masih ragu dengan kemampuan berpikir kritis kamu atau penasaran tentang apa yang harus kamu lakukan untuk improve cara berpikir kritis, berikut beberapa metode efektif yang bisa kamu ikuti.

1. Mulai dengan Pertanyaan “What if?”

berpikir adalah langkah pertama untuk berpikir kritis
berpikir / foto: freepik / drobotdean

Kenapa sih harus memulai sesuatu dengan pertanyaan? Pertanyaan membuat otak kita terbuka.

Ketika kamu bertanya atau mendapatkan pertanyaan, otak pasti akan berusaha untuk berasumsi dan mencari jawabannya. Dengan pertanyaan “bagaimana jika?”, otak kita seolah didorong untuk berimajinasi dan berkreasi dan seringkali memunculkan emosi yang kuat. Salah satu contoh berpikir kritis adalah dengan mempertanyakan hal sederhana seperti “bagaimana jika kita menjalani pola hidup sehat dan berada dalam keadaan terbaik dalam hidup kita?”.


2. Lihat dari Berbagai Perspektif

diskusi untuk melihat perspektif yang berbeda
Diskusi untuk melihat sisi lain / foto: freepik / mego-studio

Melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang merupakan salah satu cara berpikir kritis. Setiap orang mempunyai standar saat melihat dunia, yang disaring oleh norma, keyakinan, dan nilai mereka sendiri.

Ketika kamu menghadapi suatu hal yang di luar pemikiran kamu, terkadang kamu cenderung menilainya sesuai dengan cara kamu berpikir bagaimana dunia seharusnya. Dengan melihat sesuatu dari berbagai perspektif, otak kita bisa menjadi lebih terbuka dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan sudut pandang. Sehingga otak kita termotivasi untuk berpikir lebih rasional dan tidak judgemental.

3. Membuat Mind Mapping

mind mapping membantu berpikir kritis
mind mapping sebagai cara berpikir kritis / foto: freepik/ rawpixels

Mind map atau peta pikiran bisa disebut sebagai sebuah peta rute yang menggunakan seluruh potensi otak agar lebih optimum. Dengan mind mapping, otak kamu akan melihat sesuatu secara menyeluruh sekaligus secara terperinci dengan mengintegrasikan antara logika dan imajinasi. Mind mapping akan memudahkan kamu untuk mengingat segala bentuk informasi, baik secara tertulis maupun secara lisan, yang kemudian dapat memudahkan kamu untuk menganalisis dan mengembangkan ide untuk memecahkan masalah.

4. Perbanyak Referensi

banyak membaca dapat melatih cara berpikir kritis
perbanyak referensi / foto: freepik / lookstudio

Secara umum, referensi adalah suatu informasi yang dapat dijadikan sebagai rujukan atau sumber acuan untuk mempertegas suatu pernyataan yang disampaikan. Untuk memperbanyak referensi, kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara.

Kamu bisa banyak membaca buku, menonton berita, menonton film, atau mendengarkan podcast tentang isu terkini. Dengan memperbanyak referensi, pemikiran kamu tentunya semakin kaya dan semakin terbuka, juga semakin kritis dalam berpikir untuk menganalisis dan memecahkan masalah yang ada.

Lebih baru Lebih lama