11 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Menua Lebih Cepat, Hati-hati!

 11 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Menua Lebih Cepat, Hati-hati!

BEGINI.ID - Menua lebih cepat atau penuaan dini adalah hal yang paling ditakuti. Siapa sih yang tak ingin terlihat awet muda, tetap cantik dan sehat meskipun usia terus bertambah? Namun terkadang keinginan untuk awet muda tidak terealisasikan karena masih ada saja kebiasaan buruk yang sulit untuk ditinggalkan.

Bahkan kebiasaan sepele berikut juga menjadi penyebab penuaan dinilho! Simak yuk!

1. Mengonsumsi Minuman Sembarangan

Kebiasaan sepele penyebab penuaan dini
Kebiasaan sepele penyebab penuaan dini/Foto: Pexels.com/Elevate

Jika ingin memiliki kulit halus dan awet muda sebaiknya kamu banyak minum air putih. Hindari minuman yang mengandung alkohol, Beauties. Zat yang terkandung dalam minuman alkohol menyebabkan kulit dehidrasi dan mengurangi kadar vitamin A dalam tubuh sehingga kulit tampak kering dan kusam.

Tak jauh beda dari alkohol, soda sama buruknya bagi kulit bahkan otak seperti halnya bagi organ-organ tubuh yang lain. Studi dalam Jurnal Alzheimer & Dementia pada 2017 mengungkap konsumsi soda harian dikaitkan dengan penurunan volume otak dan penurunan fungsi memori.

Terlebih, dalam studi lanjutan ditemukan bahwa orang yang minum diet soda tiga kali lebih mungkin mengalami stroke atau serangan jantung daripada mereka yang tidak pernah mengonsumsi minuman manis. Yups, sebaiknya ganti soda dan alkohol dengan air putih. Atau kamu bisa menikmati segelas smoothies, teh herbal atau jus buah segar tanpa banyak gula.


2. Sering Marah-marah

Kebiasaan sepele penyebab penuaan dini
Kebiasaan sepele penyebab penuaan dini/Foto: Pexels.com/Andreapiac

Meski meluapkan emosi kadang membuat lega, tapi jangan menjadi pribadi yang pemarah, pendendam, atau pemurung ya, Beauties. Karena sering marah-marah berisiko terkena stres yang lama-lama memicu datangnya penyakit jantung dan darah tinggi.

Kemarahan, stres, dan menyimpan dendam tidak hanya akan mengacaukan pencernaan, tetapi juga menyebabkan penuaan dini. Memiliki sikap yang kaku, tidak bisa santai, dan tidak kenal kompromi dapat ‘memperkeras’ tubuh. Sering marah-marah sebenarnya paling dekat dengan risiko penyakit jantung koroner, sementara depresi terkait dengan penuaan sel.

Tak dimungkiri bahwa stres atau kemarahan tak sepenuhnya bisa dihindari, tetapi ketimbang marah dan menyimpan dendam sebaiknya temukan cara-cara positif untuk melepaskan emosi berlebih seperti dengan olahraga, meditasi dan aktif dalam keterlibatan sosial.

Selain itu, jiwa yang penuh emosi dapat memengaruhi kondisi fisik kamu. Tubuh menahan stres dan trauma dengan rahang yang menjadi kaku, alis berkerut dan bahu yang merosot. Postur seperti itu dapat memperburuk kondisi fisik lho!

3. Tidak Merawat Kulit dengan Baik

Kebiasaan sepele penyebab penuaan dini
Kebiasaan sepele penyebab penuaan dini/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Tak hanya menjaga tubuh dari dalam, perawatan perlu dilakukan dari luar dengan rajin membersihkan wajah, kemudian mengoleskan tabir surya dan pelembap agar kulit tetap terhidrasi.

Yups, penuaan berkorelasi dengan tampilan fisik salah satunya kulit. Sehingga penting untuk menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan. Sebelum tidur atau pada malam hari selepas beraktivitas, bersihkan wajah dari kotoran, debu, dan sisa riasan, kemudian aplikasikan pelembap atau moisturizer supaya kulit tidak kering. Kulit yang lembap dapat mendorong regenerasi kulit.

Di siang hari, jangan pernah tinggalkan tabir surya, baik pada wajah maupun tubuh. Sinar matahari merupakan penyebab utama kerusakan kulit seperti keriput, flek, bahkan berujung pada kanker kulit. 90 persen penuaan disebabkan oleh matahari. Jadi memakai tabir surya setiap hari merupakan kebiasaan terbaik yang bisa dilakukan untuk membuat awet muda.

Meski cuaca mendung maupun bukan musim kemarau, tetap gunakan sunscreen. Sinar UVA merupakan sinar yang paling merusak karena dapat menembus awan dan kaca yang menyebabkan penuaan dini dan mungkin kanker kulit.

Baca di sini untuk tahu kebiasaan sepele apalagi yang membuat kamu menua lebih cepat.

Lebih baru Lebih lama