Dampak Buruk Jika Suka Membandingkan Pasangan dengan Mantan, Lebih Baik Hindari!

 Dampak Buruk Jika Suka Membandingkan Pasangan dengan Mantan, Lebih Baik Hindari!

BEGINI.ID - Siapa nih dari kalian yang hobi membandingkan pasangan saat ini dengan mantan terdahulu? Entah membandingkan soal fisik, materi, pekerjaan, pencapaian yang telah didapat, dan lainnya. Well, membandingkan ini itu mungkin terlihat sepele namun memiliki dampak buruk yang gak kita duga, lho. Hal tersebut bisa membuat pasangan jadi merasa insecure dan seolah-olah tak diharapkan keberadaannya.

Nah, supaya lebih hati-hati, ini dampak buruk suka membandingkan pasangan dengan mantan yang harus kamu ketahui. 

1. Pasangan jadi merasa rendah diri

merasa insecure
merasa insecure/pexels.com

Mungkin terlihat sepele dengan membandingkan pasangan dengan mantanmu dulu, namun kebiasaan suka membandingkan fisik, materi, dan pencapaian tentu bisa membuatnya merasa insecure dan rendah diri duluan. Ia pasti menganggap keberadaannya selama ini gak pernah kamu hargai, padahal hubungan yang baik itu dibentuk dari sikap saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka janganlah kamu biasakan seperti itu ya, terimalah dia seperti dia menerimamu dengan tulus. 

2. Menimbulkan rasa cemburu

pasangan cemburu
pasangan cemburu/pexels.com

Siapa sih yang gak cemburu kalau pasangan sendiri suka membicarakan cewek lain di depan kita, sering memuji mantan, dan membandingkannya. Rasanya semua cewek bakal cemburu jika diperlakukan seperti itu. Ingat kamu dan mantan adalah kisah masa lalu yang gak perlu diungkit lagi, fokuslah dengan pasanganmu yang sekarang jangan malah mengungkit-ungkit soal mantan. Karena jika dibiarkan seperti ini terus, bisa memicu masalah baru dalam hubunganmu. Jadi, hindari ya!

3. Merasa keberadaanya gak kamu hargai

tidak dihargai dalam hubungan
tidak dihargai dalam hubungan/pexels.com

Gak ada orang yang senang kalau pasangannya suka membandingkan dia dengan masa lalunya, yang ada muncul perasaan sedih dan merasa gak dihargai keberadaannya. Itulah perasaan pasanganmu jika kamu hobi membandingkan. Ia jadi bertanya-tanya apakah selama ini dirinya tidak cocok bersanding denganmu, apakah kamu gak bahagia dalam hubungan ini, dan perasaan tidak pantas yang lain. 

4. Bisa menimbulkan masalah baru

menimbulkan masalah baru
menimbulkan masalah baru/pexels.com

Dampak terakhir yaitu, bisa menimbulkan masalah atau konflik baru dengan pasangan. Ya gimana gak terjadi masalah, kalau semua ini bermula dari kamu yang selalu membanding-bandingkan dia. Buat apa sih bandingin ini itu, coba kamu jadi dia pasti bakal merasakan sakit hati dan nyesek yang sama. Kamu gak mau kan hubungan kalian putus dan berakhir di tengah jalan? Oleh karena itu terimalah pasanganmu dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ia miliki, dengan begitu hubungan kalian bisa berjalan dengan baik.

Lebih baru Lebih lama