Ada Bahan Skincare Baru, Nih! Kenalan dengan Ingredient Ampuh "Spilanthol"

 Ada Bahan Skincare Baru, Nih! Kenalan dengan Ingredient Ampuh

BEGINI.ID - Baru-baru ada bahan skincare baru yang dipopulerkan beberapa merek skincare ternama. Bahan skincare baru ini bernama Spilanthol yang punya kandungan antioksidan dan anti-inflamasi. Banyak skincare enthusiast yang belum pernah mendengar nama bahan ini. Namun dengan kandungan dan manfaat yang dibawa, Spilanthol akan menjadi salah satu bahan skincare yang paling bagus dan aman dan jadi the next big thing. Yuk, kita kupas lebih jauh soal Spilanthol!

Bahan-bahan skincare yang telah dikenal dan banyak dipakai sebagai skincare BPOM saat ini hadir dengan bahan inti mulai dari retinol, bakuchiol, hingga ceramide dan asam poliglutamat. Kamu bisa temukan nama-nama itu di bagian label bahan skincare terbaik untuk remaja dan telah banyak artikel yang membahas tentang bahan-bahan tersebut sehingga jadi lebih populer dan banyak ditemukan di produk skincare terbaru.

Namun, seiring makin banyaknya penggemar skincare, Spilanthol hadir sebagai bahan skincare baru yang wajib dilirik dan dicoba. Apa itu Spilanthol? Spilanthol merupakan bahan turunan tanaman Spilanthes yang sedang naik daun dan membawa manfaat luar biasa ke kulit. Bahan skincare satu ini diprediksi akan sangat populer di kalangan vegan dan skincare enthusiast yang sedang mencari dan cocok menggunakan plant-based ingredient meski sekarang popularitasnya masih belum melejit di kalangan merek-merek skincare lokal.

Bahan Spilanthol sendiri belum banyak ditemukan di merek skincare lokal maupun internasional. Namun, siapa tau nantinya Spilanthol akan jadi bahan yang umum ditemui dalam produk skincare, terutama bagi yang mempercayai dan mengutamakan bahan ekstrak tanaman sebagai perawatan kulit. Faktanya, Spilanthol memiliki manfaat anti-inflamasi yang luar biasa. Bahkan jika dipakai bersamaan dengan skincare lainnya, Spilanthol bisa membantu meningkatkan mafaat rangkaian skincare yang kamu pakai. Biar kamu lebih paham, simak nih fungsi dan cara pemakaian Spilanthol yang aman.

Apa Itu Spilanthol?

Tanaman paracress  (Acmella oleracea) atau Spilanthes merupakan sumber kandungan Spilantheol.
Tanaman Spilanthes yang mengandung Spilanthol/ sumber: flickr.com

Spilanthol adalah senyawa yang diekstrak dari tanaman paracress atau dikenal sebagai Acmella oleracea atau Spilanthes. Tanaman ini mengandung bahan nabati bioaktif yang dapat digunakan dalam perawatan kulit. Tanaman Spilanthes juga sudah terkenal di bidang kuliner karena daun dan bunganya biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Dan lewat inovasi dan kemajuan bidang skincare, baru-baru ini spilanthes mulai menemukan jalannya untuk masuk sebagai bahan perawatan kulit juga.

Apakah Spilanthol Aman Dipakai Siapa Saja?

Bahan skincare baru, Spilanthol, termasuk aman dipakai jenis kulit apapun di usia berapapun.
Spilanthol aman dipakai siapa saja/ sumber: freepik.com

Faktanya, Spilanthol telah digunakan dalam pengobatan tradisional di banyak negara dan memiliki banyak efek menarik. Tanaman Spilanthes seringkali disebut sebagai 'tanaman sakit gigi' karena memiliki efek analgesik dan mati rasa.

Namun, pada ranah skincare, Spilanthol bekerja dengan cara yang berbeda. Bahan Spilanthol pada skincare akan memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi dengan kadar relatif ringan sehingga aman dipakai sebagai bahan aktif pada skincare. Meski ringan, efek antioksidan pada Spilanthol ternyata justru dapat memberikan dorongan pada kulit untuk melindungi diri dari kerusakan yang disebabkan oleh agresor lingkungan yang berbahaya dan menyebabkan kusam, seperti polusi udara dan sinar UV.

Spilanthol juga terbukti dapat meningkatkan penetrasi bahan aktif lain pada skincare lain ke dalam kulit sehingga Spilanthol dapat meningkatkan penyerapan produk perawatan kulitmu untuk hasil penggunaan yang lebih baik. So, Spilanthol bakalan aman dipakai jenis kulit apapun di usia berapapun karena efektivitasnya yang ampuh dengan efek ringan.

Kapankan Sebaiknya Spilanthol Digunakan Pada Skincare Routine?

Spilanthol aman digunakan di urutan skincare berapapun dan di waktu kapanpun. Untuk hasil maksimal, gunakan di pagi hari sebelum sunscreen.
Spilanthol bisa digunakan kapan saja/ sumber: freepik.com

Hal ini tergantung pada skincare mana yang memasukkan Spilanthol sebagai bahan aktif. Namun, karena Spilanthol cenderung lebih aman dipakai, kamu dapat menggunakannya di urutan berapapun pada skincare routine yang biasa kamu lakukan.

Apabila kamu ingin merasakan manfaat maksimal bahan skincare baru ini, sebaiknya kamu gunakan skincare berbahan Spilanthol di pagi hari. Face oil, serum, dan pelembab yang mengandung Spilanthol dapat dijadikan skincare routine pagi di bawah sunscreen untuk memaksimalkan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimiliknya.


Produk Spilanthol Terbaik

L’Occitane Overnight Reset Serum

L’Occitane Overnight Reset Serum memiliki kandungan bahan skincare baru Spilanthol.
L’Occitane Immortelle Overnight Reset Serum/ sumber: instagram.com/loccitane_id/

Untuk digunakan sebelum tidur, serum yang menenangkan dari  L’Occitane ini kaya akan ekstrak oil dari Spilanthes untuk menenangkan, menghidrasi, dan memberi manfaat antioksidan.

Fresh Sugar Lip Serum Advanced Therapy

Fresh Sugar Lip Serum Advanced Therapy punya kandungan bahan skincare baru, Spilanthol, yang mampu membuat bibir halus seharian.
Fresh Sugar Lip Serum Advanced Therapy/ sumber: instagram.com/freshbeauty/

Meskipun bukan termasuk produk perawatan kulit wajah, perawatan bibir keluaran Fresh satu ini sangat menenangkan dan membuat bibir terasa lembut dan halus seharian.

Itu dia serba-serbi Spilanthol yang bisa kamu jadikan sebagai bahan dari rangkaian skincare terbaik untuk remaja kaya manfaat berikutnya. Jangan lupa untuk selalu pilih skincare BPOM sebagai pilihan skincare yang paling bagus dan aman. Semoga membantu!

Lebih baru Lebih lama