Wajah Breakout Saat Menstruasi? Coba Ikuti 3 Tips Sederhana Berikut Ini untuk Mengatasinya!

 Wajah Breakout Saat Menstruasi? Coba Ikuti 3 Tips Sederhana Berikut Ini untuk Mengatasinya!

BEGINI.ID - Hai, Beautynesian! Menjelang menstruasi, biasanya terjadi perubahan pada diri kita, karena dipicu oleh hormon estrogen dan progesteron yang sedang mempersiapkan rahim untuk proses pembuahan. Seperti badan pegal-pegal, kram, suasana hati yang naik turun, hingga nafsu makan berlebih. Selain itu, tidak sedikit juga para wanita yang mengalami perubahan tekstur kulit, terutama pada kulit wajah.

Biasanya kondisi kulit menjelang hingga periode menstruasi berakhir akan menjadi lebih sensitif. Ada pula karena lonjakan hormon testosteron yang lebih aktif dari biasanya hingga merangsang produksi minyak pada kulit wajah menjadi lebih banyak. Maka dari itu, tidak heran jika menjelang menstruasi, akan muncul jerawat pada wajah kita.

Munculnya satu hingga dua jerawat mungkin tidak jadi masalah. Namun pada sebagian orang, jerawat menstruasi ini ada yang cukup parah hingga mengganggu penampilan. Buat yang sering mengalami breakout ketika menstruasi, kamu bisa mencoba tiga tips sederhana berikut ini untuk mengatasinya!

1. Hindari Makanan Berglikemik Tinggi

foto: freeimages.com
foto: freeimages.com

Tingginya nafsu makan ketika menstruasi memang membuat kita ngidam ini dan itu. Apa lagi kalau ada godaan promo diskon makanan di aplikasi ojek online. Namun ternyata tanpa disadari makanan yang kita konsumsi memiliki pengaruh besar terhadap kondisi kulit wajah kamu ketika menstruasi. Makanan tinggi glikemik seperti roti, gula, cokelat, dan susu dapat menyebabkan lonjakan gula darah, sehingga menyebabkan peradangan wajah atau breakout.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

foto: freeimages.com
foto: freeimages.com

Air mineral memang punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Minum banyak air tidak hanya bisa memenuhi cairan, namun juga membantu mengeluarkan racun pada tubuh serta menjaga kelembaban kulit. Untuk itu, kalau tanggal menjelang menstruasi kamu sudah tiba, jangan lupa untuk memenuhi cairan tubuh agar resiko munculnya jerawat dan breakout bisa berkurang.


3. Jangan Malas Bersihkan Wajah

foto: freeimages.com
foto: freeimages.com

Mood yang naik turun ketika menstruasi suka membuat kita menjadi lebih malas. Hal ini yang harus kita lawan, apalagi jika menyangkut masalah kebersihan wajah. Jangan lupa untuk selalu mencuci wajah dua kali sehari agar produksi sebum berkurang. Hindari eksfoliasi karena bisa membuat tekstur kulit kamu yang lebih sensitif ketika menstruasi menjadi lebih parah. Oh iya, jangan lupa cuci tangan kamu terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah, ya!

Lebih baru Lebih lama