Tips n Trick Untuk Mencegah Hiperpigmentasi Pada Kulit Wajah

 Tips n Trick Untuk Mencegah Hiperpigmentasi Pada Kulit Wajah

BEGINI.ID - Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit disebabkan oleh meningkatnya melamin, sehingga dapat menyebabkan munculnya noda atau flek hitam di kulit. Masalah ini sering terjadi apabila sering terpapar sinar matahari tanpa memakai sunscreen. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, banyak skincare yang dapat digunakan untuk menyamarkan noda tersebut, namun ternyata juga terdapat tips n trick untuk mencegah hiperpigmentasi, lho.

Nah, penasaran kan apa aja sih? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Menggunakan Pelembab

sumber : freepik
sumber : freepik

Tips n trick yang pertama adalah menggunakan pelembab agar kulit kalian tetap terhidrasi dan tetap cerah. Kalian bisa menggunakan pelembab yang mengandung gliserin atau hyaluronic acid, dan retinol. Kandungan tersebut dapat meningkatkan regenerasi sel kulit sehingga noda atau bintik-bintik yang ada di kulit kalian dapat tersamarkan. 

Menggunakan tabir surya atau sunscreen

sumber : freepik
sumber : freepik

Untuk mengatasi permasalahan kulit hiperpigmentasi, kalian dapat mencegah dengan menggunakan tabir surya agar kulit kalian terlindungi dari sinar UV yang berbahaya. Tabir surya atau sunscreen dapat mencegah sel pigmen dari paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen dapat mencegah perubahan warna dan juga mencegah penuaan dini. Kalian dapat mengaplikasikan sunscreen kembali tiap 3 hingga 4 jam sekali agar terhindar dari hiperpigmentasi.


Rutin mengonsumsi vitamin C

sumber : freepik
sumber : freepik

Vitamin C memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas, mencerahkan wajah, dan antioksidan. Vitamin C bisa didapatkan baik dari mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C ataupun dari skincare yang mengandung vitamin C. Selain itu, vitamin C juga dapat memperlambat munculnya keriput, serta dapat memproduksi kolagen. 

Melakukan perawatan laser atau chemical peeling

sumber : freepik
sumber : freepik

Selain menggunakan krim atau pelembab yang mengandung hydroquinone, kalian dapat melakukan perawatan laser atau chemical peeling untuk menghilangkan bintik-bintik pada kulit wajah. Kalian juga harus berkonsultasi dengan para dermatologis agar saran yang diberikan juga sesuai dengan kondisi kulit wajah. 

Nah, itu adalah tips n trick untuk mencegah hiperpigmentasi pada kulit. Selain tips n trick tersebut, kalian juga harus menerapkan gaya hidup yang sehat dengan membiasakan diri untuk berolahraga, tidur yang cukup, mengonsumsi air putih, dan makanan yang sehat. 

Lebih baru Lebih lama