Saving Challenge yang Bikin Kamu Makin Semangat Menabung

 Saving Challenge yang Bikin Kamu Makin Semangat Menabung

BEGINI.ID - Menabung sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Namun, karena banyaknya godaan promo dan sale dimana-mana, banyak yang akhirnya gagal menabung. Kalau kamu juga merasa begitu, kamu bisa cobain 4 Saving Challenges ini supaya menabungmu semakin seru dan menantang!

52 Weeks Saving Challenge

52 Weeks Saving Challenge | Instagram.com/Gatherich
52 Weeks Saving Challenge | Instagram.com/Gatherich

Tantangan menabung ini dipopulerkan di instagram melalui akun Gatherich. Pada challenge ini, kamu hanya perlu menulis 52 angka untuk 52 minggu yang kemudian jumlahnya bisa kamu sesuaikan. Pada postingan akun Gatherich, mungkin kamu akan melihat nominal 10 juta dalam setahun. Nah, nominal ini bisa kamu sesuaikan dengan pemasukan kamu. Jika dirasa terlalu besar, kamu bisa kecilkan jadi 5 juta/tahun atau bahkan 2,5 juta/tahun.

Tantangan menabung ini cocok buat kamu yang dapat uang jajan harian ataupun pemasukan tidak menentu.

Sinking Fund

Saving Time | Pixabay.com
Saving Time | Pixabay.com

Setiap orang pasti punya barang impian yang ingin dibeli, entah itu handphone, laptop, kamera ataupun lainnya. Kalau kamu juga begitu, ini saatnya kamu kenalan dengan yang namanya Sinking Fund. Kamu bisa mulai dari menuliskan satu atau beberapa barang impian kamu tadi, kemudian kamu tentukan waktu targetnya, misalnya dua tahun. Lalu, kamu tentukan lagi, apakah kamu akan menabung setiap harinya, setiap minggunya atau setiap bulannya.

Silakan sesuaikan dengan kesanggupan kamu. Jika kamu memutuskan untuk menabung setiap bulannya, berarti kamu perlu membuat 24 angka untuk 24 bulan kemudian isinya kamu sesuaikan dengan nominal yang ingin dicapai.

Sinking Fund ini bukan hanya bisa kamu gunakan untuk membeli wishlist, tapi juga hal lain yang lebih penting seperti membayar uang sewa, membayar UKT dan lain-lain. Kedengaran sangat membantu bukan?


2K Saving Challenge

Uang Dua Ribu | Beautynesia/Rani Mutiara
Uang Dua Ribu | Beautynesia/Rani Mutiara

Sesuai dengan namanya, saving challenge yang satu ini merupakan yang paling simpel, karena kamu tidak perlu menabung dengan nominal berbeda-beda setiap periodenya. Tantangan menabung ini cocok buat kamu yang masih sekolah ataupun yang tidak punya banyak waktu, karena kamu hanya perlu menetapkan dalam sehari kamu ingin menabung berapa. Meskipun namanya 2k, kamu tentu dibolehkan untuk mengganti nominalnya menjadi 500 rupiah, 5 ribu, 10 ribu ataupun lainnya sesuai pemasukan kamu.

Car Challenge

Car Street | Pixabay.com
Car Street | Pixabay.com

Dalam challenge ini, kamu akan menghitung berapa banyak jumlah mobil yang lewat di depan matamu. Untuk mempermudah, kamu juga bisa memvariasikan challenge ini seperti “Berapa banyak mobil berwarna abu-abu yang lewat di depanku hari ini?”. Kemudian kamu tambahkan syarat misalnya jika kamu melihat satu mobil abu-abu, maka kamu harus menabung sebesar 2 ribu pada hari ini.

Kemudian, hasilnya tinggal kamu kalikan saja dengan berapa banyak mobil abu-abu yang kamu lihat.

Tantangan ini bisa kamu coba saat kamu duduk di depan teras rumahmu ataupun pada saat lampu merah. Objeknya juga bisa kamu ganti ke hal lain seperti ke jumlah sepeda motor, jumlah rumah makan padang dan lain-lain. Dengan nominal tabungan yang tidak dapat ditebak setiap harinya, challenge ini tentunya akan terasa lebih menantang dari challenge sebelumnya!

Itulah 4 Saving Challenges yang bisa kamu cobain supaya menabung semakin seru dan menantang. Jangan lupa komen di bawah ya challenge mana aja yang udah pernah kamu coba!

Lebih baru Lebih lama