Produk Emulsion untuk Wajah, Apa Sih Itu

 Produk Emulsion untuk Wajah, Apa Sih Itu?

BEGINI.ID - Perubahan pada kulit bisa terjadi setiap hari, terutama saat perubahan musim. Wajah bisa jadi kering dan pecah-pecah di musim dingin yang kering dan jadi lebih minyak di musim panas.

Buat kamu yang punya kulit kering atau berminyak, pelembap adalah produk yang enggak boleh dilewatkan. Tapi, kalau kamu merasa pelembap terlalu berat, kamu bisa menggantinya dengan yang lebih ringan, yakni emulsion.

Memangnya, Apa Itu Emulsion?

Memakai pelembap wajah untuk mendapatkan kulit glowing.Apa itu emulsion / Freepik.com

Kalau kamu ingat pelajaran kimia saat sekolah dulu, emulsion adalah nama untuk campuran dua zat yang biasanya tidak bercampur. Bahan unik yang membantu kedua cairan untuk mengikat dan tetap bersama disebut 'surfaktan' atau 'pengemulsi’.

Nah, kalau dalam bahasa skincare, emulsion adalah pelembab yang encer atau yang dibuat dengan mencampurkan air dan zat berminyak. Jadi, emulsion bisa juga digambarkan sebagai produk hybrid antara pelembab dan serum.

Kulit kita harus terhidrasi dan lembap, emulsion adalah produk yang bisa membantu kulit mencapai keseimbangan yang tepat di antara keduanya. Emulsion punya formulasi bahan berbasis minyak yang mampu melembapkan tanpa meninggalkan residu berminyak. 

Saat produk dioleskan, kelebihan air akan menguap dari permukaan kulit. Sementara itu, lapisan produk yang larut dalam minyak tertinggal bersama dengan air yang akan diikat ke kulit untuk membuatnya terhidrasi.

Emulsion tidak sepadat pelembap, tapi juga tidak ringan seperti serum. Jadi, idealnya, waktu terbaik untuk menggunakan emulsion adalah segera setelah mengoleskan serum atau sebelum mengoleskan pelembap kamu.

Produk emulsion punya cara kerja yang bermacam-macam. Beberapa emulsion diformulasikan untuk membuat mengunci kelembaban pada kulit. Oleh karena itu, emulsion jenis ini lebih efektif bila dipakai setelah serum atau produk lain untuk membantu mengunci semua produk di kulit dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Apa Manfaat Emulsion Untuk Kulit?

Moisturizer terbagi dalam tiga jenis berdasarkan cara kerjanya/Foto: Pinterest.comManfaat emulsion/ pinterest.com

Di bawah ini adalah beberapa manfaat menggunakan emulsion:

Hidrasi

Emulsion ringan dan dapat melembabkan kulit secara mendalam. Emulsion dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak, mengembalikan elastisitas kulit, dan membuat kulit kamu terlihat lebih muda.

Mudah Diserap

Tidak seperti pelembap dan krim kental, emulsion jauh lebih ringan. Formulanya yang ringan memungkinkannya meresap ke dalam kulit dengan cepat dan memberikan hasil instan.

Non-Komedogenik

Produk komedogenik seperti pelembap yang berat dan berminyak dapat menyumbat pori-pori kamu, mengakibatkan timbulnya jerawat, komedo putih, dan komedo. Untungnya, emulsion tidak bersifat komedogenik. Emulsion hanya meninggalkan sedikit atau tidak ada residu berminyak karena berbahan dasar air.

Memperkuat Skin Barrier

Skin barrier adalah pertahanan pertama tubuh kamu terhadap bakteri dan kerusakan eksternal. Oleh karena itu, skin barrier yang sehat sangat penting untuk kulit yang sehat. Emulsion membentuk lapisan berminyak pada kulit yang membantu melindungi penghalang lipid. Lapisan ini dapat melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar matahari, kekeringan, dan masalah seperti peradangan, iritasi, dan gatal-gatal.

Mengatasi Masalah Kulit Tertentu

Emulsion tidak hanya melembabkan dan menutrisi kulit, tetapi juga menargetkan masalah kulit tertentu. Jadi kalau kamu menginginkan lebih dari sekadar hidrasi untuk kulit kamu, carilah emulsion yang dapat mengatasi permasalahan kulit tertentu.

Lebih baru Lebih lama