Jangan Kebanyakan, Minum Teh Bisa Timbulkan Dampak Ini!

 Jangan Kebanyakan, Minum Teh Bisa Timbulkan Dampak Ini!

  BEGINI.ID - Minum teh sudah jadi kebiasaan yang lekat pada masyarakat Indonesia. Rasanya kurang lengkap kalau kita belum minum teh hangat di pagi hari atau minum es teh setelah makan siang.

Teh memang punya rasa yang nikmat serta punya beragam manfaat untuk tubuh. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi teh ternyata tidak baik untuk tubuh. Berikut ini adalah dampak kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi teh.

Merusak Siklus Tidur

Ilustrasi tidur/Pexels.commerusak siklus tidur/ Pexels.com

Kamu mungkin sudah tahu kalau teh mengandung kafein. Meskipun kandungan kafein pada teh tidak setinggi kopi, tapi tetap saja kandungan kafein ini bisa mengganggu siklus tidur. 

Kafein bisa menghambat tubuh memproduksi hormon melatonin, yakni hormon yang akan memberikan sinyal rasa kantuk pada tubuh. Akibatnya, siklus tidur jadi berantakan dan tubuh pun lebih mudah merasa lelah.

Mengurangi Penyerapan Zat Besi

Dalam teh ada sebuah senyawa bernama tanin. Kalau kamu belum tahu, tanin dapat mengikat zat besi dalam makanan sehingga tidak diserap di saluran pencernaan. Kalau teh dikonsumsi berlebihan, maka tubuh akan kekurangan zat besi. Apalagi kalau kamu punya kadar zat besi yang rendah, bisa-bisa kondisi bisa maikin memburuk. 

Sakit Kepala

Foto: Pusing ketika bangun tidur/freepik.comPusing / freepik.com

Kafein yang dikonsumsi secara terkontrol bisa membantu mengurangi gejala sakit kepala. Tapi kalau dikonsumsi berlebihan, kafein justru bisa memperberat kondisi sakit kepala kamu.

Nah, karena itu, pastikan kamu mengonsumsi teh dalam jumlah yang wajar agar kandungan kafeinnya tidak menyebabkan kamu jadi sakit kepala, ya.

Merangsang Asam Lambung

Jika kamu sedang berjuang melawan kecemasan, kemungkinan besar kamu akan mengalami gejala lain, seperti sakit perut, migrain, sesak napas dan jantung berdebar-debar.merangsang asam lambung/ freepik.com

Teh yang dikonsumsi berlebihan bisa merangsang asam lambung dan memperburuk gejala refluks asam pada tubuh. Beberapa orang punya katup lambung yang lemah, sehingga membuat asam dari lambung mudah naik ke kerongkongan.

Kafein diketahui bisa memperburuk kondisi ini sehingga membuat asam lambung naik dan menimbulkan sensasi tidak nyaman pada dada dan tenggorokan.

Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan memang tidak baik buat tubuh. Tidak ada salahnya mengonsumsi teh, tapi kamu juga perlu membatasi agar teh yang kamu konsumsi tidak berlebihan dan menimbulkan dampak buruk pada tubuh.

Lebih baru Lebih lama