Gak Perlu Cemas, Ini 5 Kiat Lancar Wawancara Kerja Lewat Telepon

 Gak Perlu Cemas, Ini 5 Kiat Lancar Wawancara Kerja Lewat Telepon

BEGINI.ID - Saat tengah melakukan proses recruitment pekerjaan untuk mencari kandidat baru, enggak jarang ada perusahaan yang memilih teknik wawancara kerja melalui telepon, Ladies. Cara yang satu ini dianggap efektif terlebih di era pandemi covid-19 yang kini tengah melanda. 

Hampir serupa dengan wawancara langsung, wawancara lewat telepon juga harus kamu perhatikan agar mendapat hasil yang maksimal. Enggak perlu cemas, ada berbagai tips yang bisa diterapkan agar wawancara lewat telepon kamu bisa lancar. Yuk cari tahu selengkapnya lewat artikel berikut!

Riset Perusahaan

Meriset perusahaan sebelum menerima telepon.
Tips Wawancara via Telepon/sumber: www.freepik.com/

Sama seperti wawancara langsung, saat kamu menemui teknik wawancara kerja secara telepon pastikan telah melakukan riset informasi tentang perusahaan dengan baik. Cara ini dilakukan untuk memudahkan kamu menjawab pertanyaan seputar perusahaan yang sering ditanyakan oleh recruiter ataupun HRD. 

Bicara dengan Jelas

Berbicara dengan jelas saat wawancara telepon.
Tips Wawancara via Telepon/sumber: www.freepik.com/

Teknik wawancara kerja lewat telepon hanya mengandalkan suara. Oleh karena itu, kamu harus memastikan untuk selalu berbicara dalam intonasi yang jelas, Ladies. Jangan terburu-buru dan juga berbelit. Kamu bisa berbicara saat wawancara lewat telepon dengan tenang dan perlahan.


Jawab Secara Lugas

Jawab pertanyaan secara lugas.
Tips Wawancara via Telepon/sumber: www.freepik.com/

Kalau bicara dengan jelas udah kamu terapkan, waktunya untuk menjawab pertanyaan dengan lugas, Ladies. Durasi wawancara lewat telepon yang terbatas menuntut kamu buat merangkai jawaban yang singkat, padat, dan jelas. Pastikan jawaban kamu enggak bertele-tele dan keluar dari konteks pertanyaan ya.

Jangan Menyela Pembicaraan

Jangan menyela pembicaraan saat tengah wawancara telepon.
Tips Wawancara via Telepon/sumber: www.freepik.com/

Selain memperhatikan ucapan dan jawaban, kamu juga disarankan untuk memilih timing yang tepat untuk berbicara. Teknik wawancara kerja lewat telepon ini sebagian dari sopan dan santun dalam berkomunikasi. Jangan sampai kamu menyela saat recruiter atau HRD tengah berbicara. Pastikan ia telah selesai berbicara baru kemudian kamu menjawabnya, Ladies.

Sampaikan Maaf dan Terima Kasih

Mengucapkan maaf dan terima kasih sebelum mematikan telepon.
Tips Wawancara via Telepon/sumber: www.freepik.com/

Last but not least, saat sesi wawancara lewat telepon kamu bersama recruiter atau HRD akan segera berakhir ada hal yang penting untuk dilakukan, Ladies. Jangan lupa untuk mengucapkan kata 'maaf' dan juga 'terima kasih'. Kata 'maaf' atas kesalahan kata yang tak sengaja terucap dan 'terima kasih' atas kesempatan serta waktu yang telah diberikan. Dua kata ajaib ini bisa jadi nilai tambah kamu di mata mereka lho.

Lebih baru Lebih lama