Anti Malas-Malas Club, Ini 5 Tips Agar Rajin Workout di Rumah Selama Pandemi

 Anti Malas-Malas Club, Ini 5 Tips Agar Rajin Workout di Rumah Selama Pandemi

BEGINI.ID - Salah satu rutinitas yang cukup penting selama pandemi adalah berolahraga. Selain amuh untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh, berolahraga juga bikin kamu terhindar dari stres dan merasa bahagia. Salah satu jenis olahraga yang diminati oleh para milenial adalah workout.

Selama pandemi banyak tempat gym yang ditutup, meski begitu kamu tetap bisa workout dengan baik dan optimal di rumah aja. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips agar rajin workout di rumah selama pandemi:

Buat Jadwal Workout

Jadwal workout
Jadwal workout/pexels.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat jadwal workout. Di awal kali membiasakan untuk workout, sebaiknya jangan langsung menetapkan target yang muluk-muluk. Cukup melakukan workout 1-2 kali dalam seminggu.

Setelah itu tentukan pula waktu dan durasi pelaksanaan workout. Sesuaikan dengan aktivitasmu sehari-hari. Jika kamu wanita karier, maka kamu bisa memilih pagi atau sore hari untuk melakukan workout. Sementara itu, jika ibu rumah tangga, kamu bisa lebih bebas mengatur waktu workout. Misalnya menyesuaikan dengan jam tidur anak, setelah bersihkan rumah, dan lainnya.

Ciptakan Lingkungan yang Kondusif

Ciptakan lingkungan yang kondusif
Ciptakan lingkungan yang kondusif/pexels.com

Selanjutnya, ciptakan lingkungan yang kondusif untuk melakukan workout. Alih-alih melakukannya di ruang tamu, kamu bisa pilih salah satu kamar yang lapang dan terhindar dari gangguan selama melakukan workout. Kamu juga bisa menjadikan halaman belakang sebagai tempat yang menyenangkan untuk workout.

Agar lebih bersemangat lagi saat workout, belilah berbagai peralatan penunjang. Seperti halnya dumbell, matras, tali skipping, sepatu olahraga, dan banyak lagi lainnya.

Beri Self Reward

Self reward
Self reward/pexels.com

Setelah membuat jadwal workout dan juga menciptakan lingkungan yang kondusif, selanjutnya mulailah untuk memulai workout. Biasakan untuk konsisten melaksanakannya. Setelah konsisten selama 1 bulan, kamu bisa memberikan self reward sebagai penyemangat.

Tingkatkan target secara berkala, misalnya target awal konsisten selama 1 bulan, lalu ditingkatkan menjadi 3 bulan, 6 bulan dan seterusnya hingga kamu sudah terbiasa melakukan workout. Setelah terbiasa, kamu bisa menghentikan self reward agar tidak ketergantungan.


Variasikan Gerakan agar Tidak Bosan

Variasi gerakan
Variasi gerakan/pexels.com

Supaya tidak bosan dalam menjalankan workout, kamu bisa memberikan variasi latihan atau gerakan. Kamu bisa mencontoh dari berbagai video workout yang ada di Youtube atau pelatih workout kamu secara virtual.

Beri tambahan musik atau lagu yang kamu suka untuk membuatmu merasa semakin bersemangat. Kamu bisa memilih instrumen klasik, lagu pop, lagu dangdut dan banyak lagi lainnya.

Ajak Pasangan atau Anak untuk Workout Bareng

Workout bareng anak
Workout bareng anak/pexels.com

Salah satu cara ampuh agar kamu bisa workout dengan konsisten adalah dengan mengajak orang lain untuk workout bersama. Kamu bisa mengajak pasangan atau anakmu untuk workout bareng. Selain dapat sehat, kamu juga bisa meningkatkan kedekatan dan keharmonisan dengan pasangan dan anak.

Lebih baru Lebih lama