Amalan Baik 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan

 Amalan Baik 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan

BEGINI.ID - Tak terasa kita sudah memasuki 10 hari terakhir di Bulan Ramadan. 10 hari terakhir di bulan Ramadan menjadi waktu istimewa daripada hari sebelumnya. Amalan 10 hari terakhir memiliki keutamaan yang besar dan Umat Islam berbondong-bondong mencari keutamaan Lailatul Qadar pada 10 hari tersebut. Penasaran kan apa saja amalan baik di hari berakhirnya Bulan Ramadan? Check this out!

Mengerjakan Salat Malam atau Tahajud

sumber : freepik
sumber : freepik

Rasulullah mengatakan bahwa salat malam atau salat tahajud adalah salat yang paling utama setelah salat lima waktu. Mengerjakan salat malam sama seperti menghidupkan malam-malam di Bulan Ramadan.

Memperbanyak Membaca Al-Quran

sumber : freepik
sumber : freepik

Membaca AL-Quran sangat dianjurkan saat Bulan Ramadan dan tentunya pada 10 hari terakhir Bulan Ramadan membaca Al-Quran dapat terus ditingkatkan. Waktu utama dalam membaca Al-Quan dapat dilakukan pada sepertiga malam terakhir, setelah maghrib, dan sesudah shubuh. 


Memperbanyak Sedekah

sumber : freepik
sumber : freepik

Sedekah tidak hanya terbatas pada pemberian materi saja, melainkan non-materi seperti amar ma'ruf nahi munkar. Dalam 10 hari terakhir, sedekah adalah amalan utama yang tidak hanya didapatkan oleh mereka yang bersedekah, melainkan orang yang menerima sedekah. Sedekah tidak hanya mendekatkan diri kepada Allah, namun juga mendekatkan diri kepada sesama. 

Oleh karena itu, tidak heran jika di Bulan Ramadan banyak orang yang berlomba untuk menyiapkan makanan dan minuman baik di waktu sahur maupun buka puasa. 

Melaksanakan Iktikaf

sumber : freepik
sumber : freepik

Iktifkaf adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan berdiam diri di masjid. Untuk bisa mendapatkan keutamaan dan kemuliaan di 10 hari terakhir Ramadan. Di saat pandemi seperti saat ini, iktikaf juga bisa dilakukan di rumah, lho. Kalian dapat melaksanakan salat, berzikir, dan membaca Al-Quran

Berzikir

sumber : freepik
sumber : freepik

Zikir adalah salah satu amalan yang paling mudah untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun. Zikir harus tetap dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah, meskipun kita terkadang lalai dalam menjalankan sesuatu. 

Itu tadi beberapa amalan baik yang bisa dilakukan pada 10 hari terakhir bulanRamadan. Yuk, berlomba-lomba mencari pahala!

Lebih baru Lebih lama